Warga Eks Situ Krukut Ancam Geruduk Pengadilan Negeri Depok

115
Warga eks Situ Krukut saat melakukan musyawarah terkait nasib mereka

Limo | jurnaldepok.id
Puluhan warga eks situ Krukut, dalam waktu dekat akan mendatangi Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok, guna mempertanyakan jawaban surat permohonan keringanan biaya kasasi ke Mahkamah Agung (MA) yang telah dikirim oleh warga pada tanggal 3 Februari 2020 namun hingga saat ini belum ada jawaban dari PN Depok.

Wawan salah satu warga eks Situ Krukut, mengatakan keberatan warga terkait biaya pengajuan kasasi sudah dinyatakan sejak PN Kota Depok, memutuskan perkara gugatan dari ahli pihak yang mengaku waris Eigendom Verponding yang menyebabkan warga eks situ hingga saat ini belum menerima uang ganti kerugian (UGK) atas lahan yang telah ditempati selama puluhan tahun oleh warga.

“Pada dasarnya kami warga eks situ yang menjadi korban pembangunan jalan tol Depok-Antasari (Desari) tidak pernah siap berperkara di Pengadilan karena secara ekonomi kami memang tidak mampu, oleh sebab itu kami minta keringan biaya kasasi agar kami warga eks situ dapat mencari keadilan di tingkat pengadilan Mahkamah Agung,” papar Wawan.

Dia menambahkan, saat ini para warga yang telah berpencar disejumlah wilayah sedang melakukan koordinasi guna mematangkan rencana menemui Ketua Pengadilan Negeri (PN) Depok.

“Rencanya Senen depan kami akan mendatangi PN Depok untuk bertemu dengan Ketua Pengadilan Negeri guna meminta jawaban dari surat permohonan yang telah kami kirim dua pekan silam,” imbuhnya.

Upaya warga eks situ untuk mencari keadilan didukung oleh sejumlah kalangan, baik secara pribadi maupun kelembagaan bahkan Komnas Ham juga kini masih mengawal kasus yang ditengarai merugikan ratusan warga eks situ Krukut.

Menanggapi hal ini, Koordinator LSM Akar Rumput, Djunedy Marpaung mengatakan akan terus memonitor dan membantu para warga korban pembangunan tol Desari hingga para wargaendapatkan hak nya secara adil.

“Kami tetap konsisten akan mengawal warga sampai ke Mahkamah Agung, dan kami berharap warga akan dimenangkan di pengadilan Mahkamah Agung,” tutup Marpaung. n Asti Ediawan

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here