Sempat Riciuh, Zulhas Terpilih Lagi jadi Ketua Umum PAN

100
Zulhas beserta Hatta Radjasa dan para kader PAN usai dinyatakan menang dalam Kongres

Margonda | jurnaldepok.id
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) petahana, Zulkifli Hasan terpilih kembali dalam Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Iya, Alhamdulillah sudah selasai dan terpilih kembali saudaraku Zulkifli Hasan,” ujar H Igun Sumarno Ketua DPD PAN Depok melalui Sekretaris DPD, Fitri Hariono.

Terpilihnya Zulhas, sapaan akrab dari Zulkifli Hasan, telah ditetapkan pada, Selasa (11/2) malam.

“Pak Zulhas mendapat 331 suara, Mulhfahri 225 suara dan Drajat Wibowo enam suara. Sementara suara tidak sah tiga suara, total 565 suara,” paparnya.

Sebelumnya, Kongres V Partai Amanat Nasional diwarnai kericuhan. Para kader terlihat saling lempar kursi lantaran diduga masalah registrasi kepesertaan.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Ketua Harian DPW PAN Jawa Barat, Hasbullah Rahmad yang ikut serta dalam kongres tersebut.

“Sebelum masuk peserta tidak disterilkan oleh pihak panitia dan keamanan, jadi banyak masuk orang luar yang bukan peserta. Akhirnya mereka terprovokasi oleh orang luar yang bukan peserta. Saat ini sudah disterilkan dan sudah kondusif di dalam,” ujar Hasbullah kepada Jurnal Depok, Selasa (11/2) sore.

Ia menambahkan, jumlah pemilik suara se Indonesia dalam Kongres V PAN tahun ini kurang lebih 560 orang.

“Untuk Jawa Barat kan 27 kabupaten/kota, ditambah DPW dua, jadi ada 29 orang yang memiliki hak pilih untuk mewakili Jawa Barat,” paparnya.

Dikatakannya, bahwa yang maju dalam kongres tersebut merupakan kader PAN secara keseluruhan.

“Kami berharap pasca kongres ini mereka bersatu untuk membesarkan partai, dan tidak memberikan contoh atau warisan demokrasi yang tidak bagus. Iya (menyayangkan,red) terjadinya kericuhan,” katanya.

Hasbullah yang juga menjabat Ketua BKD DPRD Provinsi Jawa Barat mengkalim bahwa yang membuat ricuh bukan peserta kongres dan bukan pula pemilik suara.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada Selasa sore tinggal tiga kandidat yang berkompetisi dalam kongres yakni Zulkifli Hasan, Mulfahri Harahap dan Drajat Wibowo.

“Sebelumnya ada empat, namun Asman Abnur mundur dalam kongres tersebut. Mereka memang kader PAN semua,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, Kongres V PAN masih berlanjut. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here