Pers Memagang Peranan Penting Dalam Membangun Demokrasi, Berbangsa Dan Bernegara

57
Logo HPN 2020

Margonda | jurnaldepok.id
Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 9 Februari menadi harapan besar bagi masyarakat tak terkecuali para stakeholders di Kota Depok. Mereka berharap insan pers khususnya dapat menyajikan berita sesuai fakta dan berpihak kepada masyarakat.

Hal itu pula yang diungkapkan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Idris menilai insan pers merupakan bagian yang sangat penting dan integral dalam proses perjalanan demokrasi di Indonesia. Pers yang berintegrasi akan mampu memberikan pencerahan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karenanya, dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020 ini saya mengajak kepada seluruh insan pers nasional khususnya insan pers Kota Depok untuk bersama-sama memberikan informasi yang berimbang, menebarkan nilai-nilai kebaikan, serta mampu mengedepankan nila-nilai akhlak dan etika,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Munggu (9/2).

Sementara itu Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah menilai, di era demokrasi saat ini pers memegang peranan penting.

“Dimasa lalu kemajuan sebuah negara hanya bagian dari peran State Actor (pemerintah dan lembaga-lembaga negara), namun di era demokrasi dan keterbukaan informasi publik Non State Actor juga memiliki peran penting, rakyat maupun wadah-wadah publik lainnya turut berperan dalam mendorong kemajuan maupun kemunduran suatu Negara,” tandasnya.

Pers sebagai bagian Non State Actor, sambungnya, memegang peranan penting dalam kemajuan sebuah negara. Salah satu indikator bahwa suatu negara akan terus maju adalah terjaganya stabilitas keamanan yang kondusif.

“Dalam hal inilah Polres Metro Depok menjadikan pers sebagai mitra dalam pengelolaan Kamtibmas baik secara nasional maupun lingkup daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peran pers sebagai penyambung informasi memegang peranan penting dalam menjaga kondusifitas keamanan. Melalui olah informasi yang tepat, pers akan turut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Polres Metro Depok bersama insan pers akan senantiasa berkolaborasi dalam mewujudkan kemajuan dan kejayaan bangsa. Selamat Hari Pers Nasional,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here