Sebut DPC PKB Tak Dapat Restu DPP, Babai Yakini Koalisi Tertata Tak Akan Solid

334
Babai Suhaimi

Cipayung | jurnaldepok.id
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Depok, Babai Suhaimi mulai menyerang koalisi Tertib, Taat dan Taqwa (Tertata). Dirinya meyakini koalisi tersebut tidak akan solid hingga mengusung calon walikota-wakil walikota Depok pada pilkada, 23 September 2020.

Terlebih, Babai mengkalim jika partainya yang tergabung dalam Koalisi Tertata belum mendapatkan restu dari DPP.

“Saya yakin Kolaisi Tertata tidak akan solid, karena keputusan ini kan keputusan yang menurut saya belum tentu menjadi keputusan yang utuh dari masing-masing partai. Karena masing-masing partai memiliki jenjang seperti DPW dan DPP. Pertanyaaan saya adalah apakah setiap partai sudah menyampaikan secara utuh kepada pimpinan mereka masing-masing,” ujar Babai kepada Jurnal Depok, kemarin.

Pernyataan itu disampaikan Babai saat menggelar giat reses di kediamannya di wilayah Cipayung, Selasa (4/2) malam.

Babai menambahkan, bahwasanya kepengurusan DPC PKB Kota Depok sudah selesai pada April mendatang.

“Saat ini di PKB sedang melakukan konsolidasi pembentukan dan pengusulan nama-nama dan tokoh muda untuk jadi pengurus kecamatan. Tugas pokok DPC saat ini melakukan konsolidasi itu, semua kekuatan komponen DPC, para caleg 2019, DPAC dan anggota dewan terpilih untuk merekrut sebanyak mungkin kader-kader yang nanti akan dijadikan pengurus DPAC, itu yang menjadi pokok sekarang,” paparnya.

Pertanyaannya, sambungnya, apakah nanti keputusan (Koalisi Tertata,red) akan diteruskan ketika tujuan, kebaikan, manfaat dan calon yang diusung belum terinformasikan dan terkonsolidasikan dengan baik dari semua tingkatan struktur partai di PKB khususnya.

“Saya tidak tahu (PKB dapat rekom DPW atau DPP,red). Yang pasti saat ini DPW dan DPP tengah menginstruksikan kepada seluruh DPC se Indonesia untuk fokus menyelesaikan konsolidasi kepengurusan DPAC. Kalau memang ada surat rekomendasi pasti tertulis sifatnya, saya tidak tahu secara kebetulan saya kan bukan pengurus partai,” katanya.

Babai juga memiliki alasan kenapa Kolaisi Tertata tidak akan solid kedepan karena mekanisme partai yang belum ditempuh.

“Itu menjadi pertanyaan, kalau empat partai ini mengatakan sudah mendapatkan restu dari DPW atau DPP pasti ada tertulis. Bukan hanya PKB, silahkan tanya kesemua partai yang tergabung di Tertata. Sepengetahuan saya PKB belum dan tidak mengeleluarkan rekomendasi. Sekarang jangankan dari PKB, dari Demokrat sendiri apa sudah ada? PAN sudah ada? Belum kok,” tegasnya.

Babai yang duduk di Komisi C DPRD Depok mengungkapkan, mekanisme di semua partai hampir sama terkait rekoemendasi bakal calon.

“DPP tidak menginginkan partainya di tingkat II itu tidak berhasil, semua partai ingin berhasil. Di satu sisi saya setuju dan memang partai itu harus berkoalisi. Tapi disisi lain pertanyaannya apakah isi dan tujuan koalisi itu sudah terkonsolidasikan dengan baik dalam hirarki kepartaian,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here