3.995 Mahasiswa Universitas Indonesia Diwisuda

14
Prosesi wisida ribuan mahasiswa UI

Beji | jurnaldepok.id
Sebanyak 3.955 mahasiswa/i Universitas Indonesia (UI) mengikuti wisuda kelulusan hari ini di Balairung UI, Beji, Kota Depok.

Ribuan mahasiswa/i yang diwisuda hari ini terdiri dari berbagai jenjang, mulai D3 hingga S3.

Humas UI, Egia Etha Tarigan mengatakan, tidak kurang dari 1.007 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Upacara wisuda kali ini juga, bertepatan dengan Dies Natalies UI yang ke-70.

“UI meluluskan 1.964 wisudawan yang terdiri ataa 20 wisudawan program Vokasi/Diploma, 1.195 wisudawan Program Sarjana Reguler, 489 wisudawan Program Sarjana kelas Pararel, 171 wisudawan Sarjana Kelas Internasional, dan 89 wisudawan Sarjana Ekstensi,” tambahnya.

Pada Program Sarjana Reguler, Eghia berujar ada 368 wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude.

Program Sarjana Reguler dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,97 diraih oleh Priscilla Tiffany dari Fakultas Ilmu Komputer.

Di lokasi sama, Rektor UI Ari Kuncoro menambahkan 2 70 tahun lalu menyandang nama Indonesia, Universitas Indonesia terus berkiprah membangun pendidikan tinggi di Indonesia.

Berlandaskan nilai-nilai Veritas, Probitas, dan Iustitia atau Kebenaran, Kejujuran, dan Keadilan, segenap sivitas UI tak henti berkarya dan mengabdi pada bangsa, serta berkomitmen penuh untuk turut serta menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan nasional serta global.

“Kami UI terus melanjutkan warisan sejarah akademiknya dalam bentuk inovasi dalam penemuan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran berstandar internasional hingga diakui saat ini sebagai universitas peringkat ke-59 di Asia dan peringkat terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking University,”katanya.

Bahkan UI berhasil meraih peringkat 80 dunia sebagai perguruan tinggi yang memberikan dampak social dan ekonomi berbasis Sustainability Development Goals (SDG’ menurut Times Higher Education.

Pada peringatan Dies Natalis ini, UI menyematkan rasa terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para peneliti, staf pengajar, dan mahasiswa atas inovasi dan prestasi yang selalu membanggakan UI dan bangsa Indonesia.

Terima kasih kepada para alumni UI atas kiprah dan karyanya dalam berbagai bidang.

Serta terima kasih pula kami sematkan pada tenaga kependidikan, para karyawan yang senantiasa bekerja keras membantu seluruh aktivitas di UI dari waktu ke waktu.

“Saat ini dunia menghadapi empat kekuatan disrupsi yang mengubah tatanan kehidupan kita semua, yaitu adanya industrialisasi dan urbanisasi yang besar di negara-negara berkembang dunia, sehingga mendorong terjadinya perubahan pola konsumsi dan investasi pada masyarakat,”katanya.

Populasi dunia yang terus menua, diperkirakan lebih dari 80% penduduk dunia akan berusia lebih dari 65 tahun pada tahun 2050, yang akan menyebabkan berkurangnya tenaga kerja produktif secara drastis di banyak negara.

“Disrupsi teknologi, terutama pada Informasi Teknologi dan bagaimana kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari,”katanya.

Terakhir Konektivitas global yang semakin besar, antar negara semakin terhubung yang
menyebabkan perubahan besar dalam perekonomian dan sosial. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here