Pelantikan Forum Anak, Cikal Bakal Mewujudkan Depok Kota Layak Anak

19
Walikota saat menandatangani berita acara pelantikan forum anak

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat Dan Keluarga secara resmi melantik kepengurusan Forum Anak Kota Depok periode 2020-2022.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat Dan Keluarga, Nessi Annisa Handari mengungkapkan, anak-anak nantinya dapat ikut aktif dan mengajak teman-teman sebayanya untuk bisa mewujudkan kegiatan-kegiatan positif.

“Pengurus kota dan perwakilan yang ada di kecamatan-kecamatan nanti bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif, memastikan anak-anak mendapatkan hak-hak nya semisal ada anak putus sekolah ia bisa melaporkan dan membantu pemenuhan akte kelahiran bagi teman-temannnya yang belum memiliki itu,” ujar Nessi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, saat ini forum anak telah terbentuk di 63 kelurahan dan 11 kecamatan. Nantinya mereka akan dilibatkan dalam musrenbang dan ikut dalam kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi stop kekerasan kepada anak dan sosialisasi lainnya serta pelatihan-pelatihan.

“Diharapkan, anak-anak yang tergabung dalam forum anak bisa membangun komunikasi yang baik dengan teman-temannya,” paparnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, ada lima misi yang harus menjadi perhatian di tingkat kecamatan dan kelurahan diantaranya pengembangan potensi, menggali bakat, menjadi mitra Pemerintah Kota Depok dalam mewujudkan Kota Layak Anak.

“Dari itu, kami meminta forum anak dilibatkan di dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dari mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota,” tukasnya.

Sebelumnya, kata dia, ada rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sangat berkaitan langsung dan ada dinas yang memiliki kaitan dengan kegiatan forum anak seperti Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Dijelaskannya, infrastruktur di wilayah nanti akan terkait dengan kelurahan dan kecamatan, sementara di tingkat kota akan nyambung dengan gugus tugas Kota Layak Anak seperti Genre dan Fokla.

“Forum Anak ini memiliki tugas untuk mengajak anak-anak sebaya mereka beraktivitas positif mengembangkan bakat-bakat, potensi dan anak-anak yang berprestasi diperkuat dengan lomba-lomba di tingkat provinsi,” pungkasnya. n

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here