Dishub-DPRD Provinsi Ungkap Kondisi Bus Pengangkut Kader Posyandu

185
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, H Dadang Wihana turut menyoroti kondisi Bus PO Purnama Sari yang mengangkut rombongan kader posyandu Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, ke wilayah Subang Jawa Barat.

“Bus pariwisata naas itu bernomor polisi E 7508 W, bus bukan berasal dari Depok. Informasi yang kami dapat bahwa bus terakhir melakukan uji KIR di Dishub Majalengka pada Oktober 2019,” ujar Dadang kepada Jurnal Depok, Senin (20/1).

Hal itu disampaikan Dadang karena ada beberapa pihak yang bertanya terkait hal tersebut.

“Kami minta kepada masyarakat agar ketika hendak menyewa armada bus, minimal dicek kelengkapan dokumennya seperti STNK, izin trayek atau kartu pengawasan dan buku KIR,” paparnya.

Buku uji atau kartu uji, sambungnya, adalah bukti otentik bahwa kendaraan tersebut laik jalan atau paling tidak dalam kurun waktu selama enam bulan.

“Kendati demikian jika masyarakat masih ragu, bisa berkonsultasi dengan kami,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Imam Budi Hartono telah berkomunikasi dengan Dishub Jawa Barat. Pihaknya pun menanyakan beberapa hal kepada Dishub Jawa Barat.

“Jalan tersebut sudah lama diberi fasilitas lalu lintas oleh Dishub Jabar berupa rambu-rambu lalin dan pita kejut. Sepertinya itu kondisi bus yang bermasalah,” ungkap Imam.

Pria yang akrab disapa IBH itu menambahkan, pihak Dishub Jabar kedepan akan melakukan rampcheck di lokasi wisata.

“Sebelumnya belum pernah dilakukan, konsep SOP nya akan segera dikoordinasikan,” terang IBH.

Lebih lanjut ia mengatakan, informasi yang ia terima dari Dishub Jabar, pemeriksaan secara visual fisik terkait teknis kelaikan suatu kendaraan dari system kemudi, system pengereman, kondisi ban, kondisi persinyalan, lampu dan kelengkapan standar interior untuk keselamatan. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here