Idris-Pradi Tepati Janji Kampanye Dengan Membangun Alun-alun Senilai Rp 200 Miliar

808
Walikota-wakil walikota, pimpinan DPRD dan Forkopimda memukul rampak beduk sebagai tanda diresmikannya Alun-Alun Kota Depok

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Pasangan Walikota-Wakil Walikota Depok, Mohammad Idris-Pradi Supriatna memenuhi janji kampanyenya pada saat Pilkada Depok 2015 silam. Salah satu janji mereka yang spektakuler yakni pembangunan Alun-Alun Kota Depok yang kemarin telah diresmikan.

“Ini salah satu janji kami, ada beberapa janji yang belum terselesaikan salah satunya pembangunan taman di 63 kelurahan, saat ini masih ada 18 taman lagi yang belum terbangun. Insya Allah tahun ini atau maksimal tahun depan pembangunannya telah terselesaikan secara keseluruhan termasuk yang tertuang dalam janji kami,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Minggu (12/1).

Ia mengatakan, belum terwujudnya 18 taman itu lebih dikarenakan sulitnya lahan seperti hal nya di wilayah padat penduduk seperti Cimanggis, Sukmajaya dan beberapa kelurahan lainnya.

“Target untuk menyelesaikan janji kampanye kami sampai 2021, itu Insya Allah sudah selesai 100 persen,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, anggaran untuk membangun alun-alun dari tahap awal mencapai Rp 150 miliar (untuk konstruksi,red). Sementara jumlah untuk pembebasan lahan dan pembangunan atau konstruksinya hingga tahap kedua jika ditotal mencapai Rp 200 miliar yang berasal dari APBD Kota Depok.

Idris yang akan kembali mencalonkan diri pada Pilkada Depok tahun ini mengungkapkan, alun-alun atau ruang terbuka hijau yang merupakan amanat Undang Undang harus diwujudkan oleh sebuah kota metropolitan khususnya.

“Ini alun-alun kota yang bernuansa ruang terbuka hijau taman terpadu untuk tingkat kota, selain ada juga di tingkat kelurahan, sehingga berbagai komponen dan unsur kami masukkan dalam alun-alun ini. Misalnya fungsi ekologi, bagaimana masyarakat bisa berinteraksi antar anak-anak, remaja, lansia dan sebagainya,” katanya.

Pihaknya juga menyiapkan wadah untuk komunitas-komunitas secara umum seperti Basket, Futsal, Panjat Tebing dan lainnya. Selain itu fungsi ekonomi juga disiapkan gerai UMKM yang luasnya mencapai 1.000 meter dan ruang terbuka untuk berdiskusi bagi anak-anak muda.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menambahkan, alun-alun merupakan ruang terbuka untuk masyarakat yang luasnya mencapai tiga hektare lebih.

“Dengan konstruksi bangunan seluas 7.000 meter dari berbagai jenis bangunan seperti sarana olahraga, budaya, kegiatan sosial dan lainnya,” tandasnya.

Pradi optimistis janji kampanyenya bersama Idris akan terselesaikan dalam satu tahun kedepan.

“Insya Allah, karena hingga hari ini kan sudah mencapai 90 persen dari 10 janji kampanye yang kami gulirkan. Kami yakini sampai 21 Februari 2021 bisa terpenuhi secara keseluruhan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here