Polisi Gadungan Nekat Memeras Pedagang Kembang Api

89
DTK polisi gadungan yang berhasil ditangkap polisi

Cipayung | jurnaldepok.id
Rizal, pedagang kembang api di Kampung Rawa Geni Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung diperas oleh polisi gadungan sambil membawa pistol mainan. Tak berapa lama, aksi polisi palsu tersebut berhasil ditangkap oleh Unit Reserse Mobil Polres Metro Depok.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Komisaris Polisi, Deddy Kurniawan kepada wartawan mengatakan anggotanya telah berhasil meringkus polisi gadungan berinsial DTK atau Didik.

Ia mengatakan DTK melakukan pemerasan dengan modus razia sambil menakut-nakuti korbannya menggunakan pistol mainan.

Pelaku DTK alias Didik ditangkap oleh anggota saat bersembunyi di rumah kontrakan, di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok pada Rabu, (8/1).

“Jadi yang bersangkutan ini kami amankan karena berpura-pura menjadi polisi dan melakukan razia serta melakukan dugaan pemerasan,”katanya.

Penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan warga dan korban dimana ada pria yang mengaku sebagai anggota Polisi membawa benda mirip pistol.

Pelaku mengerjai Rizal, seorang pedagang petasan di kawasan Jalan Rawageni, Kecamatan Cipayung, Depok.

Saat itu pelaku yang berpura-pura sebagai anggota Polri melakukan razia. Ia bahkan sempat menakut-nakuti korbannya dengan pistol.

Selanjutnya, korban dibawa oleh pelaku menggunakan sepeda motor dengan alasan mau dibawa ke kantor polisi untuk penanganan lebih lanjut. Korban yang ketakutan akhirnya hanya bisa pasrah.

“Saat di perjalanan, korban diminta menyerahkan uang tetapi tidak mau.
Pelaku yang kesal kemudian menodongkan pistol dan langsung mengambil telepon genggam dan uang yang ada di kantong celana korban lalu diturunkan di jalanan,” jelas Deddy.

Merasa ada yang tidak beres, lanjut Kasat Reskrim, korban kemudian melaporkan pengalaman ke Polres Metro Depok.

Atas perbuatannya itu, pelaku terancam dengan jeratan pasal 368 tentang pemerasan yang ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara.

“Dari tangan pelaku kami menyita sejumlah barang bukti kejahatan, diantaranya satu unit Hp dan satu pucuk pistol jenis soft gun revolver,” tutupnya.

Kasusnya kini dalam penyelidikan lebih lanjut dan pelaku sudah mendekam di tahanan Polresta Depok.n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here