Reynhard Dikabarkan Pernah Nolak untuk Menikah

112
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Reynhard Sinaga terdakwa pemerkosaan ratusan pria di Inggris pernah menolak menikah dengan wanita dambaan orang tuanya.

“Kami pernah dengar kalau Reynhard pernah menolak pulang ke Indonesia untuk dinikahkan oleh seorang wanita,”kata salah satu sumber yang namanya tidak enggan disebutkan namanya.

Dia mengatakan, sebelum pindah ke Jalan Dahlia Depok Lama, Keluarga Reynard menetap di Jalan Dahlia RW 05,Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji.

Sementara itu rumah Reynhard di Beji Timur yang berwarna coklat dua lantai tampak sepi tanpa dihuni. “Kayaknya sudah lama pindah ke Depok Lama,”kata seorang warga.

Sementara itu Psikolog Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta mengatakan, dari ciri-ciri yang ada pada Reynhard mengarah pada ciri-ciri psikopat. Cirinya antara lain bahwa Reynhard bisa dengan mudah mengelabui orang lain.

“Kalau melihat sebagian ciri-cirinya memang mengarah pada ciri-ciri psikopat, antara lain dengan caranya ia bisa dengan mudah mengelabui orang lain,” ucapnya.

Dia menjelaskan, psikopat adalah seseorang yang manipulatif dan mudah untuk mendapatkan kepercayaan orang lain.

Karenanya dengan ciri tersebut agak sulit dikenali bahwa ia adalah seorang psikopat. Namun demikian, untuk bisa memastikan tentunya perlu asesmen mendalam.

“Orang dengan psikopat biasanya juga tidak bisa membedakan benar dan salah sehingga ketika melakukan hal salah atau yang kriminal, mereka tidak merasa bersalah apalagi menyesali,” terangnya.

Shinta menuturkan, orang dengan psikopat umumnya terkesan menawan, senang bersosialisasi, peduli dan ramah pada orang lain.

Ia pun tampak dapat berpikir logis masuk akal, memiliki tujuan yang dipikirkan dengan matang, dapat memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan tanggapan yang sesuai bahwa ada konsekuensi bagi para anti sosial dan pelanggar hukum.

Psikopat mampu menilai diri sendiri dan akan dengan terbuka mengoreksi kesalahan di masa lalu.

Psikopat tidak menunjukkan gejala-gejala umum perilaku neurotik, termasuk kegelisahan, kecemasan, histeria, perubahan suasana hati, kelelahan ekstrem, dan sakit kepala.

“Dan pada situasi yang membuat orang lain kesal atau jengkel, psikopat malah terkesima dan memperlihatkan kekosongan emosi, tanpa ada rasa takut atau cemas,” ungkap dia.

Biasanya seorang psikopat bisa seperti itu karena banyak faktor penyebab. Misalnya pengalaman seksualnya di masa lalu. Mulai dari perilaku seksualnya sejak kecil, paparan pada hal-hal yang bersifat pornografi, pergaulan, atau juga trauma atas jadian seksual pada dirinya.

Pada banyak kasus pelaku sodomi dilakukan oleh korban sodomi di masa lalu. Dendam akan dominansi seksual dari pelaku kemudian dilampiaskan pada korban dengan melakukan hal yang sama. Meski ada pula sebagian kecil yang memang genetik.

“Pengalaman berhasil melakukan pemerkosaan akan menimbulkan kepuasan sendiri yang akhirnya mendorong pelaku melakukan hal yang sama berulang kali. Akhirnya bisa disebut sebagai serial rapist,” tandasnya.n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here