Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

72
Salah seorang warga saat dicek kesehatannya pasca banjir

Beji | jurnaldepok.id
Masyarakat yang terdampak banjir di Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji terserang penyakit mulai gangguan pernafasan hingga gatal-gatal.

Ketua RW 01 Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji Sarmili mengatakan warga sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan dari petugas Puskemas.

Ia mengatakan korban banjir yang berobat mulai berdatangan ke posko banjir yang dipusatkan di halaman rumahnya. Mayoritas keluhan dari pasien karena bermasalah saluran pernapasan, disusul hipertensi, hingga luka terbuka akibat terkena paku maupun beling pada saat banjir menerjang rumahnya.

“Warga kami tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Dirinya menambahkan penyebab mereka terserang penyakit karena faktor psikis. Misalnya yang tadinya tak menderita hipertensi karena ada banjir.

Dia merinci pasien yang melaporkan kesehatannya berusia di atas 40 tahun, sedangkan balita dan bayi hanya sekitar 20 persen dari total warga.

Tercatat di wilayah Pondokcina ada 4 titik yang dilanda banjir. Dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Berbagai jenis barang dan harta benda milik warga hampir seluruhnya dievakuasi, termasuk juga hewan Sapi milik Yusuf Sairih yang berada dI lingkungan RT 04/01 aman terselamatkan.

Rumah warga yang terendam di lingkungan RT 04/01 sebanyak 31 KK dengan jumlah komunitas 110 Jiwa Dan di lingkungan RT 02/02 sebanyak 35 KK (132 jiwa). Kedua titik ini ada di wilayah jalan HM Tohir Pondokcina. Di wilayah Jalan Kober, tepatnya di Gang Kesadaran rumah warga yang terendam 9 KK (40), di lingkungan RT 04/06 ada 2 KK dengan jumlah tujuh jiwa.

Lokasi lainnya, di RW 15 Komplek Perumahan Arsip Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas mengalami hal yang sama.

Sementara itu, Sekretaris RW setempat Rahmat Fitrah menambahkan paska banjir luapan kali Krukut, warganya ada yang terserang penyakit

“Laporan sementara ada beberapa warga yang terserang penyakit dan kelehahan karena lelah membersihkan rumahnya pasca diterjang banjir. Kami masih membutuhkan bantuan makanan dan vitamin suplemen,” pungkasnya.n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here