Selalu Bersama Rakyat, Partai Demokrat Tanggap Bencana

82

Laporan: Gita PurnamaB

Bencanabanjir dan longsor yang melanda Bumi Tegar Beriman, pada awal tahun 2020 membuat semua elemen partai Demokrat yang merupakan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Bergerak ke semua titik bencana untuk menyalurkan bantuan. Bantuan yang dihimpun DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor berasal dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Persaudaraan Istri Anggota (PIA) FD DPR RI, dan DPRD FD Kabupaten Bogor.

Tanggap darurat bencana yang dilakukan Partai Demokrat dimulai pada Minggu (5/1), hingga Selasa (7/1), terus bergerak untuk mendistribusikan bantuan terhadap korban bencana yang ada di Kabupaten Bogor.

Tim yang terbagi ke dua wilayah, satu tim langsung bergerak menuju wilayah Bogor timur, tepatnya di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri. Sesampainya dilokasi tim lansung bergerak menuju posko bencana di Villa Nusa Indah I Blok D4 No. 6 Rw 14 Desa Bojongkulur.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Partai Demokrat Hanafi, langsung menyerahkan bantuan kepada masayarakat yang terdampak bencana banjir, dan langsung menyerahkan secara simbolis bantuan kepada ketua ranting desa Bojongkulur Partai Demokrat untuk mendirikan Posko dan dapur umum.

“Alhamdulillah aksi tanggap darurat yang kami lakukan dapat diterima langsung oleh masyarakat, dan kami akan terus melanjutkan kegiatan tersebut dengan membangun posko dan mendirikan dapur umum di Desa Bojongkulur, hal tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban korban banjir,” tutur H. Anton Sukartono Suratto anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat.

Lebih jauh Anton mengataka, bahwa kegiatan tanggap darurat bencana ini akan terus dilaksanakan agar bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak bencana, “apa yang kami berikan tidak seberapa, tapi semangat yang kami tunjukan untuk terus bergerak membantu korban, dapat bermanfaat dan semangat Demokrat selalu bersama masyarakat dapat terus membumi di bumi Tegar Beriman,” ungkapnya.

Sementara itu, tim yang bergerak menuju wilayah Kabupaten Bogor bagian Barat terus bergerak bahu membahu, untuk menjangkau wilayah-wilayah yang terdampak bencana longsong dan banjir yang ada di Kecamatan Jasinga, Kecamatan Cigudeg dan kecamatan Sukajaya.

Rombongan yang di pimpin langsung Sekertaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Dede Chandra Sasmita, Minggu (5/1) bergerak menuju Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg. Untuk langsung menyisir dan membantu memasok kebutuhan para korban bencana banjir dan didampingi langsung kepala Desa Sukamaju Dahyudin.

“Dihari pertama aksi tanggap darurat bencana Partai Demokrat, untuk wilayah barat, kami langsung bergerak menuju Kecamatan Cigudeg tepatnya di Desa Sukamaju. Dimana lokasi yang kami datangi ini, empat jembatan desa yang menghubungkan pemukiman warga, semuanya terputus di sapu banjir bandang Sungai Cidurian, sehingga kurang lebih 5000 warga sukamaju terisoslir. Setelah selsai di Desa Sukamaju, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Jasinga, untuk menuju lokasi bencana banjir bandang yang ada di wilayah Kp. Parungsapi, Desa Kalongsawah, di terima langsug kepala desa Nurhasanah. Dimana dilokasi ini, sebanyak 22 Kepala Keluarga rumahnya tersapu banjir bandang sungai Cidurian, dan merenggut satu korban jiwa yang tersapu derasnya arus,” papar Dede Chandra yang juga mewakili Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Persaudaraan Istri Anggota (PIA) Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Bogor.

Di hari kedua, Senin (6/1) tim bergerak menuju Kecamatan Sukajaya. Akses medan yang berat tidak menjadi hambatan bagi tim tanggap darurat bencana Partai Demokrat untuk mendistribusikan bantuan, meski sempat tertahan hingga 4 jam di wilayah Kecamatan Cigudeg dikarenakan ada akses jalan yang teroutus dan sedang dilakukan tahap pengerasan, tim terus melaju menuju Desa Sukamulih, Kecamatan Sukajaya, dan tim akhirnya tiba pada pukul 19:30 Wib di posko Ciputih Desa Sukamulih.

“Hari ini tujuan kami adalah Kecamatan Sukajaya, dimana dilokasi yang kami tuju ini ada beberapa titik bencana tanah longsor yang menimpa pemukiman warga, dan tersebar di beberapa desa yang ada di Kecamatan Sukajaya. Tujuan kami dari hasil mapping bersama tim, kami ingin menjaukau Desa Pasir Madang, namun pada akhirnya kami harus sedikit bersabar karena akses menuju sana belum dapat dilalui, dan kami memasok kebutuhan untuk Desa Sukamulih, yang langsung di terima kepala desa Jaro Somad. Kami pun akan terus memonitor untuk akses menuju Desa Pasir Madang agar kami bisa mendistribusikan bantuan,” tuturnya.

Sementara di hari ketiga, Selasa (7/1) tim kembali bergerak menuju Kecamatan Jasinga untuk kembali meninjau dan mendistribusikan bantuan ke Desa Jasinga. Disana tim tanggap darurat becana Partai Demokrat ikut serta membantu masyarakat untuk membersihkan rumah warga yang terdampak banjir, “hari ini, kami memberikan bantuan peralatan sekolah, buku tulis kepada PAUD AL Maidi Kp. Babakan Soge Rt 03/06, dan memberikan bantuan ke Posko Desa Jasinga yang diterima langsung kepala desa Jasinga Badrudin Slamet, semoga apa yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana,” pungkasnya.n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here