Satu Rumah Warga Hanyut Terseret Arus Kali Pesanggrahan

136
Salah satu rumah warga yang terseret arus Kali Pesanggrahan pada banjir kemarin

Cinere | jurnaldepok.id
Hujan deras yang menimpa wilayah Cinere pada, Rabu (1/1) yang mengakibatkan banjir dan longsor menyisakan kesedihan bagi warga terutama keluarga Ase dan Ani di Rt 01/12 yang rumahnya ambruk terkena longsor, begitu juga dengan keluarga Susanto yang kehilangan rumah karena hanyut terbawa air kali pesanggrahan.

Kepada Jurnal Depok, Susanto mengaku bingung harus bagaimana dapat membangun kembali rumah yang sudah terbawa banjir, dan untuk sementara keluarganya terpakasa mengungsi dirumah kerabat.

“Saya lagi bingung harus bagaimana dan saat ini saya belum sempat mikir harus berbuat apa, ” kata Susanto.

Hal senada diungkapkab Ade, korban longsor tebing lereng.

“Kami belum berpikir harus bagaimana, yang jelas saat ini rumah kami rusak berat begitu juga dengan perabotan rumah kami sudah tidak ada yang bisa dipakai lagi, ” ujar Ade yang diamini oleh Ani yang juga menjadi korban longsor tebing lereng di Rt 01/12.

Menanggapi hal ini, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cinere, Ahmad Jayadi mengatakan telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait guna menanggulangi para korban longsor dan banjir diwilayah Cinere.

“Kami sudah kontak PMI dan Dinas terkait, sudah ada respon tapi untuk perbaikan rumah yang ambruk dan pengadaan rumah yang hanyut terbawa arus banjir belum bisa nanti akan kami bahas lagi, ” ujar Jayadi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dia menambahkan, untuk wilayah Rw 12 tercatat sekitar 13 rumah terendam banjir sementara belasan rumah diberbagai titik diwilayah Cinere juga terkena banjir termasuk warga yang tinggal diperumahan.

“Cukup banyak titik banjir yang merendam permukiman warga, diantaranya, diperumahan Blok L, Blok F Rw 15, Perumahan BCI Rw 14 dan 16 serta sejumlah titik lainnya, ” imbuhnya.

Selain berupaya menanggulangi kerusakan bangunan rumah akibat banjir, jajaran LPM bekerjasama dengan Puskesmas Cinere juga membuka Posko Kesehatan bagi para korban Banjir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Cinere dan Sudah ada Posko Kesehatan di lokasi terdampak banjir yang telah disiapkan untuk membantu pengobatan warga yang terkena penyakit akibat banjir, seperti gatal gatal, diare dan penyakit lain nya,” pungkasnya. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here