Depok Dilanda Bencana, Banjir Dan Longsor Masih Menghantui Warga

136
Jalan Wadas yang menghubungkan Sawangan-Cipayung terputus akibat luapan air Kali Pesanggrahan

Sawangan | jurnaldepok.id
Peristiwa banjir dan longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Depok telah merenggut korban jiwa dan merendam ratusan rumah. Bahkan, warga yang terdampak banjir pun harus dievakuasi dan direlokasi ke tempat yang aman.

Hal itu yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok dalam hal ini Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Sedikitnya tujuh kepala keluarga terdiri dari kurang lebih 10 jiwa yang tinggal di bantaran Kali Pesanggrahan harus direlokasi karena rumahnya terendam banjir dan mengalami longsor.

“Ada enam rumah yang terendam banjir, sejak beberapa bulan lalu kami sudah antisipasi dengan merelokasi penghuninya. Jadi rumah yang terendam tidak ada penghuninya, begitu juga dengan rumah yang nyaris longsor penghuninya telah kami relokasi,” ujar Ahmad Rifai, Lurah Pasir Putih kepada Jurnal Depok, Rabu (1/1).

Ia menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan TPA Cipayung menyewakan rumah tinggal sementara bagi korban banjir dan longsor.

“Banjir terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dan jembatan yang lama tidak menampung, makanya saat ini dibangun jembatan baru,” katanya.

Lokasi banjir yang cukup parah itu berada di lingkungan RT 03/04. Dimana, lokasi tersebut merupakan akses menuju wilayah Kecamatan Cipayung.

Lebih lanjut ia berharap, kedepan normalisasi Kali Pesanggrahan dioptimalkan oleh pihak BWSCC.

“Jadi ada enam rumah yang terendam banjir dan satu rumah yang nyaris longsor. Mereka semua sudah direlokasi,” ungkapnya.

Sahrul, warga RT 03/04 yang lokasi rumahnya di pinggiran Kali Pesanggrahan mengungkapkan, banjir di wilayahnya sering kali terjadi setiap tahun.

“Meskipun disini tidak hujan namun ketika di hulu hujannya banyak, wilayah ini tetap kebanjiran. Selain jembatan yang kurang tinggi, sampah juga banyak yang menyangkut dan meyebabkan air meluap ke rumah warga,” ungkapnya.

Longsor yang terjadi di Jalan Usman Bontong juga menimbun puluhan makam yang berada di pinggir Kali Pesanggrahan. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here