Liburan, Waspada Maling Rumah Kosong Gentayangan

114
ilustrasi

Cimanggis | jurnaldepok.id
Kawanan maling menyatroni rumah warga di Jalan Mekarsari Raya Blok H4, RT.03/04, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat ( 27/12) sore. Pelaku berhasil menggondol sejumlah perhiasan emas dan elektronik senilai puluhan juta rupiah.

Kapolsek Cimanggis, Kompol Efendi mengatakan berdasarkan laporan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Mekarsari Bripka Suprapto peristiwa pembobolan rumah milik H.Rachmat Solihin, ST, 74, tersebut diketahui setelah korban baru pulang dari dokter memeriksa kesehatan.

Ia menambahkan saat kejadian penghuni rumah sedang berobat ke rumah sakit. Melihat keadaan rumah kosong (Rumsong) pelaku diprediksi lebih dari dua orang ini masuk memanjat tembok pagar rumah berbatasan tanah kosong.

“Setelah berhasil masuk ke dalam rumah korban, pelaku langsung merusak teralis jenderal dengan cara memotongnya. Dari hasil olah TKP anggota kami menemukan terdapat potongan besi teralis jendela rumah yang dirusak pelaku,” ujarnya.

Dirinya melanjutkan, setelah para pelaku berhasil menjarah seisi rumah, mereka kabur dengan melewati tanah kosong berbatasan tembok rumah korban.

Sementara itu berdasarkan laporan di SPKT Polsek Cimanggis, lanjut Kompol Efendi, korban mengalami kerugian sejumlah perhiasan emas, laptop dan HP senilai puluhan juta rupiah.

Terkait kasus pencurian ini anggota Opsnal Reskrim dipimpin Kanit Reskrim AKP Eman Sulaeman masih menyelidiki pelaku.

“Termasuk mempelajari rekamanan CCTV yang merekam aksi para pelaku pada saat beraksi,” ungkapya.

Menghadapi musim liburan Tahun Baru, Kompol Efendi menghimbau jika Masyarakat ingin bepergian ke luar kota, usahakan rumah dititipkan ke keamanan lingkungan dan perangkat RT.

“Paling tidak jika sudah dititipkan seperti itu meski rumah kosong akan ada pengawasan keamanan lingkungan setempat. Hal ini antisipasi terhindar dari kasus pencurian rumah kosong atau pencurian kendaraan bermotor,” tuturnya.

Sementara itu di lokasi lain maling berhasil menyatroni rumah warga di Jalan Wahid Hasyim, RT.01/01, Meruyung, Limo Kota Depok, Sabtu (28/12) pagi, pelaku berhasil mencuri motor Yamaha N- Max.

Berdasarkan keterangan korban Jalu,24, karyawan swasta ini mengaku dirinya baru saja kehilangan motor Yamaha N Max putih B 6299 ZOG pada saat sedang terparkir di teras rumah. Peristiwa pencurian tersebut diketahui Jalu pada saat akan berangkat kerja.

“Mau menghidupkan mesin motor malah motor yang semalam terparkir di teras rumah sudah tidak ada, bahkan pintu gerbang rumah sudah terbuka,”katanya.

Dia mengatakan pada saat diparkir, motor yang baru lunas dari kreditan tersebut sudah dalam keadaan terkunci ganda. Meski sudah dikunci ganda, kunci stang serta gembok namun tetap berhasil dibobol pelaku

Selain itu, hasil cek TKP tidak ditemukan sisa gembok yang telah dirusak para pelaku. Disuga sengaja dibawa untuk tidak meninggalkan jejak bukti. Peristiwa pencurian motor ini lanjut Jalu baru pertama kali terjadi di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kalau di kampung sebelah memang sering terjadi kehilangan, tapi baru kali ini dan itu juga sasaran korban saya motor bisa raib tanpa jejak,” ceritanya.

Dia berharap pihak kepolisian terutama Polsek Limo meningkatkan kembali patroli di lingkungan khususnya pada waktu jam rawan yaitu malam hingga menjelang pagi atau subuh hari.

“Saya berharap bapak polisi dapat segera menemukan motor yang telah dicuri pelaku. Karena motor tersebut dipergunakan untuk transportasi sehari-hari kerja di daerah Depok,” tutupnya.

Kapolsek Limo Kompol Bintang Simion Silaen mengatakan pihaknya akan menyelidiki laporan kehilangan pencurian motor tersebut.

“Anggota kami dari Reskrim akan menyelidiki kasus laporan pencurian motor korban,” katanya.

Kompol Bintang Silaen juga menghimbau agar warga menjaga keamanan rumahnya saat ditinggal berlibur.

“Rumah kosong ditinggal pemilik berlibur rentan menjadi sasaran pelaku kejahatan, untuk itu titipkan rumah kepada satpam atau perangkat RT,” tandas Kapolsek.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here