99 Nama Lolos Seleksi Administrasi Calon Panwascam

98
Komisioner Bawaslu saat melakukan cek admistrasi calon Panwascam

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok mengumumkan sekitar 99 nama calon Panwascam yang lolos seleksi administrasi.

Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Barlini mengatakan ada sekitar 99 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi penjaringan Panwascam oleh Bawaslu Kota Depok.

Dia menambahkan mereka yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis dan tes wawancara, pada Jumat (13/12) di SMA Muhammadiyah 2 Kecamatan Beji menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Luli menegaskan soal-soal tes dibuat oleh Bawaslu RI, termasuk penilaian akan dilakukan secara langsung oleh Bawaslu Republik Indonesia.

” Sistem CAT merupakan arahan Bawaslu Republik Indonesia. Tes berbasis online tersebut diterapkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020,” katanya.

Guna memastikan kelancaran tes tertulis dengan sistem tersebut, Bawaslu Kota Depok melakukan uji coba CAT di SMK Muhammadiyah 2 Beji, beberapa waktu lalu.

“Soal-soal yang muncul disimulasi bukan yang nantinya diberikan untuk peserta. Uji coba dilakukan hanya untuk memastikan aplikasi dapat dijalankan, soal-soal yang dikerjakan staf saja random,” ucapnya.

Ia menjelaskan kriteria calon pendaftar untuk menjadi bagian dari anggota Panwascam yang akan bertugas di Kota Depok mengawal Pilkada yaitu harus memiliki integritas terhadap terciptanya Pemilu yang bersih dan berintegritas dan non partisan atau tidak menjadi anggota partai tertentu.

“Kami pun akan memilih orang yang punya integritas dan juga netralitas, non partisan. Agar saat Pilkada dimulai jajaran kami tidak ada conflict interest dalam menjalankan tugas,” terangnya.

Karenanya, ia mengajak semua elemen dan unsur masyarakat ikut aktif dalam mengawasi seleksi rekrutmen pangawas Pemilu di tingkat kecamatan dan menjadi bagian dari Bawaslu untuk mengawasi jalannya Pilkada.

Ada beberapa tahapan yang akan dilalui oleh pendaftar (Panwascam), yaitu seleksi administratif, tes tulis dan wawancara. Lalu hasil dari pada semua tahapan ada masukan dari masyarakat terkait pendaftar.

“Kami akan terbuka dalam menerima masukan dan saran dari masyarakat untuk menentukan para jajaran Panwascam yang ikut menjadi bagian menyukseskan Pilkada,” pungkasnya.n CR1-JD

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here