KPU Memulai Tahapan, Calon Independen Silahkan untuk Mendaftar

77
Nana Shobarna

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok telah membuka tahapan pengumuman terkait penyerahan persyaratan calon perseorangan atau independen.

“Tepat tanggal 3 Desember kemarin kami melakukan pengumuman untuk penyerahan persyaratan calon perseorangan atau independen, kami juga telah publish di media serta laman KPU Depok,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, Rabu (4/12).

Ia mengatakan, pengumuman terkait hal itu akan dilakukan sampai tanggal 16 Desember dan akan memulai penerimaan berkas dukungan pada 19 Februari.

“Berdasarkan hasil rapat pleno beberapa waktu lalu, KPU Kota Depok menetapkan jumlah minimum dukungan bagi calon perseorangan pada pemilihan walikota dan wakil walikota Depok tahun 2020 sebesar 85.107 jiwa, yang sekurang-kurangnya tersebar di enam kecamatan,” paparnya.

Lebih rinci Nana menjelaskan, jumlah dukungan yang dimkasud tersebar di enam kecamatan harus mewakili meskipun jumlahnya tak signifikan.

“Jadi dari minimal 85.107 dukungan itu harus tersebar di minimal enam kecamatan. Soal jumlahnya ada berapa di satu kecamatan tidak jadi soal, yang penting minimal ada di enam kecamatan, walaupun di satu kecamatan hanya mendapat satu dukungan, itu tidak menjadi soal,” paparnya.

Sementara itu terkait jumlah dukungan partai politik harus mencapai 20 persen jika nanti mereka akan mengusung walikota-wakil walikota.

“Begitu juga dengan gabungan partai politik harus mencapai 20 persen dari perolehan kursi di DPRD,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here