Ingin Libatkan Pengawasan Di Pilkada, Bawaslu Gandeng Media

28
Komisioner Bawaslu Kota Depok foto bersama dengan awak media

Cilodong | jurnaldepok.id
Media harus melakukan pengawalan dan pengawasan pada Pelaksanaan Pilkada Depok pada tahun 2020 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Barlini pada kegiatan Media Gathering Bawaslu di kawasan Cilodong pada Sabtu(30/11).

Luli mengatakan pelaksanaan media gathering ini dalam rangka meningkatkan sinergisitas dalam pelaksanaan pilkada Kota Depok tahun 2020.

“Kami sadar betul tidak mungkin bisa menyampaikan secara menyeluruh terkait pengawasan dalam pilkada tanpa media. Terutama terkait netralitas ASN,” ucapnya.

Luli juga menyampaikan bahwa momentum ini sangat penting, untuk menyamakan persepsi antara lembaga Bawaslu, khususnya Bawaslu Kota Depok dengan awak media.

“Tentunya kegiatan Media Gathering ini kita manfaatkan untuk menyamakan persepsi terkait tugas, dan fungsi Bawaslu,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan pepatah sayur tanpa garam maka tidak sedap, seperti Bawaslu tanpa media maka Bawaslu tidak ada artinya

Luli menambahkan Bawaslu Depok saat ini sedang rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam) pendaftaran dan penerimaan berkas berlangsung mulai 27 November hingga 3 Desember. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil administrasi pada 12 Desember.

“Tes tulis dan wawancara akan dilaksanakan pada 13-17 Desember,” ujarny.

Di lokasi sama Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan menambahkan
Bawaslu menganggap bahwa media dan jurnalis adalah mitra strategis dalam mengawal pemilu demokrasi.

“Ketika Depok menghadapi satu even besar pemilihan kepala daerah maka menjadi prioritas pawaslu untuk bersinergi dengan media,”katanya.

Ia menjelaskan menghadapi Pilkada 2020, secara institusi, pengawas pemilu ada di delapan Kabupaten, Kota yang melaksanakan pilkada. Mereka mempersiapkan secara internal kelembagaan penguatan fungsi tugas tugas baik dari pencegasan, metode pengawasan, penegasan hukum.

Sementara itu Ketua Pokja Wartawan Kota Depok Rina Ratna Purnama menyambut langkah Bawaslu yang bersinegritas dengan media.

“Kami harapkan ke depannya sinergitas ini terus berjalan sehingga media informasi tentang Bawaslu bisa dapat tersiarkan oleh media,” tutupnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here