Melawan Saat Ditangkap, Maling Motor Tewas Ditembak

67
Kapolresta Depok bersama tim saat menunjukkan barang bukti kejahatan yang digunakan pelaku ranmor

Cimanggis | jurnaldepok.id
Satu orang pencuri sepeda motor dilengkapi pistol ditembak petugas kepolisian ketika beraksi di Jalan Raya Bogor KM 31,Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis pada Senin (18/11) malam.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pelaku ditembak mati anggota sekitar pukul 21.00 WIB karena pelaku melawan saat hendak ditangkap petugas yang sedang patroli. Sedangkan ketika penangkapan seorang teman pelaku berhasil kabur dengan menggunakan motor jenis matik.

Sementara itu di lokasi kejadian diamankan petugas sepucuk senjata api rakitan jenis revolver warna hitam masih dipegang dalam genggaman tangan kanan pelaku.

Pelaku meninggal dunia akibat ditembus proyektil timah panas dari senjata api anggota. Ciri-ciri pelaku menggunakan jaket biru, celana jeans biru, berbadan kurus.

Di lokasi, petugas menemukan identitas atas nama Anwar tercatat sebagai mahasiswa asal Lampung. Pelaku Anwar terpaksa ditembak petugas karena melakukan perlawanan saat ditangkap petugas Kepolisian.

Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah mengatakan saat beraksi, pelaku bersama temannya dengan membawa senjata api jenis pistol rakitan.

“Pelaku kerap melakukan aksinya dan terekam CCTV dan dari hasil rekaman itu anggotanya melakukan observasi di lapangan. Satu pelaku berhasil dilumpuhkan, satunya lagi melarikan diri,” katanya.

Ia menjelaskan kejadian bermula ketika tim gabungan Curanmor Unit Buser Polresta Depok dan Buser Polsek Cimanggis melakukan observasi di wilayah Putri Tinggal Cimanggis Depok.

“Anggota kami mencurigai orang laki-laki yang mengendarai motor. Keduanya kemudian berhenti di Jalan Radar Auri dekat lapangan. Salah satu turun dan kedua anggota buser langsung bersembunyi,” jelasnya.

Kapolres menuturkan kedua terduga pelaku sempat mengetahui kalau dibuntuti petugas hingga mereka melarikan diri ke arah Jalan Raya Bogor.

Ketika berada di Jalan Raya Bogor KM 31 mereka pun berhenti dan salah satunya menodongkan senjata api ke arah petugas.

“Anggota kami merebut senjata api tersebut dan mereka tetap melakukan perlawanan. Karena situasi dan kondisi pelaku akan menembak, selanjutnya salah satu anggota buser langsung mencabut senjati api miliknya dan langsung memberikan tindakan tegas terukur,” paparnya.

Salah seorang terduga pelaku pun terluka dibagian perut sebelah kiri. Sedangkan satu orang lainnya melarikan diri menggunakan motor.

“Satu orang yang masih diatas motor langsung melarikan diri ke arah Pasar Cisalak. Sudah dilakukan pengejaran oleh anggota kami namun tidak berhasil ditemukan,” ucapnya.

Tim identifikasi kemudian menuju lokasi tempat Anwar ditembak. Dari tangan Anwar didapat sejumlah barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan ,satu buah kunci leter T berikut tiga mata anak kunci dan satu buah kunci pembuka magnet sepeda motor.

Setelah di lakukan pengecekan identitas terduga pelaku merupakan kelompok yang melakukan aksinya wilayah depok dan sekitarnya.

Dari data yang ada di kepolisian diketahui bahwa terduga pelaku dan rekan yang melarikan tersebut adalah pelaku yang melakukan pencurian kendaraan bermotor di wilayah Cimanggis. Mereka beraksi di Mekarsari, Jatijajar, Tapos serta wilayah sukmajaya diantaranya Cilodong dan wilayah lainnya dengan menggunakan senjata api rakitan.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here