Depok Sabet Swastisaba Wistara, Penghargaan Tertinggi Kota Sehat

124
Walikota dan Ketua TP PKK Kota Depok saat memboyong piala Swastisaba Wistara ke Balikota

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok kembali menyabet penghargaan bergengsi di penghujung akhir tahun 2019 ini. Kemarin, Depok meraih penghargaan Swastisaba Wistara (pengembangan) dari Kementerian Dalam Negeri.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan penyelenggaraan kota sehat tertinggi setelah sebelumnya meraih Wiwerda (pembinaan) pada tahun 2017 dan Padapa (pembinaan) pada tahun 2015,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris saat menggelar konfrensi pers usai mengarak penghargaan dari Jalan Juanda ke Balikota Depok, Selasa (19/11).

Ia menambahkan, Kota Depok terus berusaha meningkatkan capaian dan indikator kota sehat dari dua Tatanan di 2015, empat Tatanan di 2017 dan tujuh Tatanan pada tahun 2019 ini.

“Terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Depok atas raihan penghargaan ini. Swastisaba ini penilaiannya dua tahun sekali. Ada beberapa infrastruktur penunjang yang menjadi penilaian seperti toilet sekolah, tempat wisata, perkantoran, industri, kantor kelurahan dan kantor kecamatan,” paparnya.

Sesuai namanya, sambungnya, Swastisaba merupakan kota sehat dimana masyarakat itu tinggal. Pihaknya menginginkan tujuh Tatanan ini harus dipertahankan dan kualitasnya diperluas seperti kantin sehat, transportasi dan lainnya.

Idris juga mengapresiasi peran masyarakat yang tergabung dalam FKDS dan FKKS yang sangat berperan membantu meraih penghargaan tersebut.

“Selain infrastruktur, SDM nya juga dilakukan penilaian. IPM Kota Depok turut menjadi penilaian yang sangat terkait dengan masalah kesehatan seperti PHBS, sanitasi dan ODF nya juga dinilai,” tukasnya.

Senada dengan walikota, Ketua PKK Kota Depok, Hj Elly Farida juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Depok, Pembina Kota Sehat, FKDS, FKKS, Pokja Sehat, Wakil Walikota, OPD dan Para Kader.

“Kami terus bebenah untuk ini dari mulai merapihkan kelembagaan sampai pendampingan dan roadshow ke kecamatan-kecamatan dan terus berusaha menyempurnakan apa yang menjadi kekurangan-kekurangan. Ini yang menjadi perhatian bagi kami, kami juga mencoba mengembangkan dengan cara memanggil dan mengundang narasumber sehingga kami tahu apa yang harus dilakukan oleh teman-teman untuk berinovasi,” tandasnya.

Penghargaan Swastisaba Wistara diterima langsung oleh Walikota Depok, Mohammad Idris di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here