Gawat! Puluhan Siswa SMPN 20 Depok Terserang Hepatitis A

6484
Kdisdik Kota Depok, M Thamrin saat melakukan sidak ke SMPN 20 Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sebanyak 30 siswa/siswi dan tiga orang guru SMPN 20 Depok dinyatakan positif terjangkit penyakit Hepatitis A yang disebabkan oleh Virus Hevatitis A (HAV).

Kepada Jurnal Depok, Kepala SMPN 20, Komar Suparman mengatakan, wabah penyakit Hepatitis A yang menyerang para siswa dan guru mulai muncul pada, Rabu (13/11) dan saat itu baru beberapa siswa saja yang terjangkit.

Namun setelah itu penyakit yang mengakibatkan penurunan fungsi Liver (hati) menular ke siswa lainnya, bahkan tiga orang guru juga ikut tertular.

“Pertama kali diketahui ada siswa terkena penyakit Hepatitis pada, Rabu (13/11) dan setelah itu banyak siswa tertular dan guru juga ada yang terkena penyakit itu, ” ujar Komar kepada Jurnal Depok, Senin (18/11).

Dikatakan Komar, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab persis munculnya wabah Hepatitis di lingkungan sekolah yang terletak di Jalan Martadinata RT 09/06, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, apakah dari makanan atau sanitasi seputar sekolah.

Sementara pegawai bagian laboratorium Puskesmas Rangkapan Jaya, Muhammad Saleh mengatakan, setelah dilakukan pengecekan laboratorium, ternyata SGOT dan SGPT para siswa yang terkena sangat tinggi, bahkan ada beberapa diantaranya hasil laboratorium SGOT dan SGPT mencapai diatas 100 sementara untuk normalnya harus dibawah 35.

“Normalnya harus dibawah 35, makanya hasil tes laboratorium beberapa siswa SGOT dan SGPT nya sangat tinggi, ” tegas Saleh.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, M Thamrin mengaku ikut prihatin dengan kondisi yang menimpa para siswa dan guru yang terjangkit Hepatitis A dalam sepekan terakhir, seraya mengakatan sedang berkoordinasi dengan Disnas Kesehatan (Dinkes) untuk menetapkan apakah proses belajar mengajar perlu diliburkan atau tidak.

“Ya, kami menunggu rekomendasi dari Dinkes apakah sekolah harus diliburkan dulu, kalau harus libur kira-kira berapa hari , itu nanti Dinkes yang menentukan, ” kata Thamrin, saat melakukan Sidak ke SMPN 20, kemarin pagi.

Tak hanya para siswa dan guru saja yang terjangkit wabah Hepatitis, tapi sejumlah warga sekitar sekolah kabarnya juga terserang penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati atau liver itu. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here