Tim Densus Ringkus Terduga Teroris Di Wilayah Beji

163
Terlihat dua unit kendaraan di kediaman WJ di kawasan Grogol, Kecamatan Limo

Beji | jurnaldepok.id
WJ seorang terduga teroris diringkus Tim Detasemen Khusus (Densus) Mabes Polri saat berada di lingkungan sekolah di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji pada, Rabu(13/11).

Informasi yang dihimpun di lokasi WJ diamankan Polisi usai mengantar anaknya ke sekolah. Kabar lainnya WJ diamankan saat berada di depan sekolah swasta.

WJ sesuai alamat KTP beralamat di RT 03 RW 07, Keluraha Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Alamat terakhir Perumahan Bukit Mampang Residence Utara No. N 8 RW 09 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono membenarkan adanya satu terduga pelaku teroris

“Iya, benar ada penangkapan satu terduga teroris pagi ini di sekolah Beji, Depok. Terduga teroris berinisial WJ alias P,” katanya.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, WJ diketahui memiliki keahlian militer membuat bom atau peledak dan merakit senjata.

Dia juga diketahui pernah menjadi pelatih di Moro Islamic Liberation Front (MILF) di Mindanao, Filipina.

“Yang bersangkutan pernah menjadi pelatih di Moro tahun 1999 angkatan pertama sampai 2001/2002,” jelas Argo.

Selain itu, masih kata Argo, WJ juga pernah berkunjung ke Suriah pada tahun 2012 bersama pimpinan jaringan teroris Jamaah Islamiah (JI), Abu Askari.

Tujuan kunjungan tersebut adalah menjalin hubungan dengan pemberontak yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Suriah (Free Syrian Army/FRA).

Dia juga pernah melakukan perjalanan ke beberapa negara pada periode tahun 2012-2013 antara lain Thailand, Vietnam, Qatar, Singapura, Filipina, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, Hongkong.

Saat ini terduga teroris WJ masih menjalani pemeriksaan intensif oleh tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Sementara itu pihak sekolah belum bisa memberikan keterangan terkait adanya penangkapan terduga teroris di lingkungan sekolahnya.

Selain itu Tim Densus 88 Mabes Polri juga melakukan penggeledahan di rumah kontrakan WJ di Perumahan Bukit Mampang Residence Blok Utara nomor N 8 Rt 04/09, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.
Koordinator Keamanan Blok Utara Perumahan Bukit Mampang Residence, Makbulloh mengaku sempat menyaksikan penggeledahan rumah WJ pada sekitar pukul 06.15 WIB pagi, dan saat itu kata dia WJ sudah tertangkap saat mengantar anaknya sekolah.

“Kalau disini nama dia bukan WJ tapi DS, makanya kami biasa memanggil dia D, dan memang benar tadi pagi saya sempat menyaksikan penggeledahan rumah D dan Polisi membawa 40 barang bukti dari rumah D, ” kata Makbulloh.

Diceritakan Makbulloh, WJ sudah tinggal selama setahun setengah di Perumahan BMR bersama istri dan dua orang anaknya.

Dalam keseharian, DS alias WJ merupakan sosok yang sangat santun dan bersosialisasi dengan warga sekitar. Bahkan kata dia, DS sering menjadi imam dan sholat berjamaah bersama warga di musholah perumahan.

“Tidak ada yang aneh pada sikap dia dalam bergaul di masyarakat, apapun kegiatan masyarakat selagi dia ada dirumah pasti ikutan, dan cara berpakaiannya pun seperti warga pada umumnya, makanya warga tidak ada yang curiga dengan kehadiran DS sekeluarga di perumahan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Makbulloh mengatakan, menurut penuturan DS, dia memiliki toko souvenir dibilangan wilayah Cibubur tepatnya di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Dia sempat bercerita kepada saya bahwa dia memiliki toko souvenir dikawasan Taman Mini, tapi kami enggak tau benar atau enggak, ” katanya.

Pantauan Jurnal Depok dilokasi menemukan satu kendaraan roda dua dan satu kendaraan roda empat masih terparkir di depan rumah DS alias WJ. n CR-JD1-Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here