Peringati Maulid, Ribuan Warga Berebut Pembagian Paros Di Masjid Nurul Huda

365

Sawangan | jurnaldepok.id

Ribuan warga yang didominasi anak-anak Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, dan sekitarnya menyerbu pembagian paros di Masjid Jami Nurul Huda, lingkungan RT 02/02 Kelurahan Sawangan.

Pembagian paros tersebut tak lain sebagai rangkaian acara memperingati Maluid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah.

“Ini merupakan tradisi turun temurun, Alhamdulillah setiap tahun kami selenggarakan acara pembagian paros ini,” ujar H Amil Misar, Ketua DKM Masjid Jami Nurul Huda kepada jurnaldepok.id, Sabtu (9/11) malam.

Misar menambahkan, panitia telah menyiapkan sebanyak 2.000 paros yang berasal dari masyarakat Sawangan khususnya jamaah masjid.

“Kami bersyukur setiap tahun partisipasi masyarakat dalam pembuatan paros meningkat. Sementara untuk kisa tahun ini terkumpul kurang lebih 700 buah,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tradisi mencari paros sudah berlangsung sejak tahun 1960an.

“Kami ucapkan terimaksih kepada warga Sawangan khususnya jamaah masjid yang telah berpartisipasi dalam pembuatan paros dan kisa. Kami berharap tradisi ini tidak hilang dimakan zaman,” harapnya.

Paros merupakan hidangan khas maulid yang berisikan acar, ikan, daging, nasi ada pula telur ayam. Paros ini lebih dikhususkan untuk anak-anak.

Sementara kisa yang serupa isinya, lebih diprioritaskan untuk orang dewasa namun dikemas dengan apik menggunakan pelepah kelapa. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here