Tim Relawan Akar Rumput Bantu Korban Terdampak Tol Desari

43
Tim relawan akar rumput saat mendampingi warga korban Tol Desari

Limo | jurnaldepok.id
Koordinator Relawan Tim Akar Rumput, Kota Depok Marpaung meyatakan dengan tegas siap membantu perjuangan 152 Kepala Keluarga korban pembangunan Tol Depok – Antasari (Desari) yang belum menerima kompensasi atas tanah yang selama ini ditempati warga namun harus tergusur pembangunan jalan Tol Desari.

Demikian diungkapkan Marpaung saat mendampingi warga korban tol Desari wilayah Rw 04 dan Rw 01 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, kemarin.

“Warga ini pantas disebut sebagai korban pembangunan tol Desari karena mereka sudah puluhan tahun menempati dan merawat tanah eks Situ namun justru yang akan menerima uang kompensasi adalah pihak lain yang secara tiba tiba mengkalaim sebagai pemilik sah lahan, ” ujar Marpaung kepada Jurnal Depok.

Dikatakan Marpaung, meskipun awalnya tim akar rumput bersifat politis, namun kata dia pihaknya tidak akan pernah merasa tabu untuk membantu perjuangan warga korban pembangunan tol.

“Warga lebih berhak menerima kompensasi daripada pihak verponding yang selama ini tidak pernah ada, dan tiba tiba mengakui sebagai pemilik tanah eks Situ Krukut, setahu saya diwilayah Krukut tidak ada tanah verponding, dan yang ada tanah verponding itu di Pondok Cina, dan sekarang verponding itu sudah tidak ada lagi sesuai Undang Undang Pokok Agraria (UUPA) nomor 5/1960 dan anehnya lagi, pihak verponding hanya menggugat tanah warga yang terkena tol saja, sementara sisabya yang tidak terkena tol namun statusnya sama tidak digugat, apa ini enggak aneh?, ” tukas Marpaung.

Dia menambahkan, disamping Komnas Ham RI yang kini turun tangan memantau perkembangan penyelesaian polemik tanah eks Situ Krukut, pihaknya juga akan melakukan manuver guna membantu warga mendapatkan haknya.

“Kami menilai warga sudah dizolimi, dan ini tidak bisa dibiarkan, dan kami siap membantu sampai ke Pusat, ” tutup Marpaung. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here