Situ Bojongsari Direvitalisasi, Warga Merasa Gembira

104
Terlihat alat berat dipersiapkan untuk revitalisasi Situ Bojongsari

Laporan: Rahmat Tarmuji
Warga di wilayah Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari dan Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, merasa bersyukur atas dilakukannya normalisasi dan revitalisasi Situ Sawangan-Bojongsari yang sedang berjalan saat ini.

Daud Sulaiman, Ketua Paguyuban RT dan RW Kelurahan Bojongsari yang juga menjabat Ketua RW 14 Kelurahan Bojongsari mengungkapkan, bahwa normalisasi dan revitalisasi yang dilakukan Pemerintah Kota Depok dalam hal ini Dinas PUPR melalui anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan dampak luas bagi masyarakat.

“Kami di Kelurahan Bojongsari menyambut baik atas kegiatan ini, karena nantinya kawasan ini akan menjadi kawasan wisata, perkembangan ekonomi masyarakat dan lain-lain akan berkembang. Setahu kami di awal sudah disosialisasikan baik oleh Dinas PUPR dan konsultan pelaksana, selain ada penurapan juga akan dipasang jogging track serta lampu penerangan,” ujar Daud kepada Jurnal Depok, Kamis (7/11).

Sehingga, kata dia, akan menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, kedepannya pihaknya akan mengajukan dermaga untuk perahu atau sepeda air kepada dinas terkait untuk menunjang fasilitas pariwisata.

“Dengan begitu diharapkan bertambahnya minat wisatawan yang berkunjung. Semoga kami bisa menjaga dan melestarikan Situ Bojongsari ini lebih baik lagi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kelurahan Kedaung, H Adin H Dawih menandaskan, sebagai warga masyarakat yang memang bersinggungan langsung dengan keberadaan situ, berharap situ tetap terjaga kelestariannya.

“Untuk pemenuhan fasilitas sedianya dinas terkait dapat bersinergi dengan kami di lingkungan. Situ Sawangan ini merupakan sumber kehidupan dan kolam resapan yang terbesar harus tetap terjaga. Karena terbukti selama kemarau, penduduk di sekitar situ Alhamdulillah tidak kekurangan pasokan air bersih (sumur tidak kering,red),” tandasnya.

Dirinya berharap, peran media sosial juga menjadi pengawas secara rekam digital untuk keberadaan situ.

“Masyarakat dapat mengawasi bersama-sama. Depok sebagai salah satu wilayah yang mempunyai banyak aset situ agar kedepannya dimaksimalkan oleh pemkot sebagai daerah wisata dan sebagai daerah resapan yang terjaga kelesatariannya, sehingga wilayah Depok tidak krisis air bersih,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here