Polisi Depok Ikut Amankan Pilkades Kabupaten Bogor

35
Kapolresta Depok saat memimpin apel pasukan pengamanan pilkades Kabupaten Bogor

Bojonggede | jurnaldepok.id
Aparat Mapolresta Depok menggelar apel pasukan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kabupaten Bogor di kawasan Bambu Kuning, Desa Bojongbaru, Kecamatan Bojonggede. Pelaksanaan Pilkades se-Kabupaten Bogor berlangsung pada Minggu (3/11).

Dalam sambutannya, Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah, menitipkan tiga hal penting terkait tupoksi aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Tidak mentolelir sekecil apapun gangguan kamtibmas, tidak boleh ada celah gangguan kamtibmas sedikit pun. Kemudian harus cepat direspon karena keamanan bukan sekadar anugerah, namun juga harus kita upayakan,”katanya.

Untuk itu, pihaknya menggelar apel ini dengan tujuan mengetahui kesiapan personel, mengetahui kesiapan sarana dan prasarana personel, serta mengetahui pemahaman tugas masing-masing personel keamanan.

Kapolres menjelaskan sebanyak 582 personel keamanan diturunkan untuk mengawal pesta demokrasi di pedesaan itu.

Total kuat personel pengamanan Pilkades serentak 2019 sebanyak 582 personel terdiri dari PAM TPS 200 personel, TNI (Kodim 0508/Depok) 100 personel, PAM Penebalan Pasukan 78 personel, PAM tindak Gakkum Reskrim 38 personel dan Brimob 100 personel.

Selain itu aparat keamanan juga mendapat tim bantuan dari Satpol PP, Tim Monitoring Kecamatan, Linmas, Pokdar Kamtibmas, Pemadam Kebakaran, medis (2 ambulans) dan tenaga kesehatan dari puskesmas.

Keterlibatan polisi Depok di ajang Pilkades Kabupaten Bogor ini lantaran dari 273 desa, 11 desa di antaranya masuk ke dalam wilayah pihak keamanan Polresta Depok.

“Pilkades yang akan dilakukan di 273 desa itu akan melibatkan semua pihak. Uniknya, dari 273 desa terdapat 11 desa yang masuk wilayah Kota Depok,” terangnya.

Ia menambahkan karena itu, keamanan pilkades dikawal oleh pihak Kepolisian dan TNI dari dua wilayah.

“Jadi kita ini ada desa di Kecamatan Bojong Gede dan Tajur Halang itu masih wilayah hukumnya di Polresta Depok,” ucapnya.

Diketahu pilkades serentak di Kabupaten Bogor ini diikuti sebanyak 1.064 calon kades.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here