Dalam Sebulan, Puluhan Penjahat Diringkus Polisi

73
Kapolresta Depok saat menunjukkan barang bukti kejahatan yang digunakan pelaku

Margonda | jurnaldepok.id
Dalam sebulan, jajaran Satreskrim Polresta Depok berhasil meringkus 25 tersangka kasus pencurian dan pembunuhan.

Kapolrestro Depok, AKBP Azis Andriansyah mengatakan 25 tersangka yang ditangkap merupakan hasil dari pengungkapan 17 kasus.

Kasus yang dominan adalah kejahatan konvensional yaitu pencurian kendaraan bermotor, pencurian rumah kosong, pencurian pemberatan , pembunuhan, dan begal.

“Dari 25 tersangka yang berhasil diamankan empat di antaranya terdata residivis kasus curanmor dan rumsong,” ujarnya.

Terungkapnya kasus kejahatan konvensional ini, lanjut AKBP Azis, merupakan salah satu upaya anggota untuk menjawab keresahan masyarakat

“Kita akui memang ada peningkatan kejadian kasus 3 C (Curat, Curas, Curanmor) dalam beberapa bulan ini, tapi kami tetap berupaya mengerahkan anggota dalam penegakan hukum secara itensif dan berhasil menangkap para pelaku,” jelasnya.

Dari 25 tersangka yang diamankan dua diantaranya ditembak. Mereka adalah SH (50) dan ZF (20) warga Manggarai, Jakarta Timur diamankan Unit Reskrim Polsek Cimanggis.

Keduanya kepergok nyolong di Perumahan Bukit cengkeh II Blok D 3 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimangg

Dua pelaku ini melakukan aksi pencurian dengan membawa senjata api jenis soft gun untuk menakuti korban.

“Dua pelaku ini spesialis mencuri rumah kosong. Pelaku mencuri dengan cara mencongkel pintu rumah dalam keadaan kosong dan mengambil barang milik korban,” ujarnya.

Azis mengatakan pelaku diamankan di Jalan Gas Alam, Kelurahan Curug, Kecamatan Tapos oleh Tim Buser Polsek Cimanggis saat melakukan observasi. Kemudian anggota melihat plat motor B 3327 PFE motor jenis Vario abu abu yang
dikendarai pelaku saat melakukan pencuriaan di rumah kosong di daerah Perumahan Bukit Cengkeh yang terekam CCTV .

“Dari hasil pengamatan dan pengintaian tim Buser Polsek Cimanggis, anggota kami menyebar di lokasi penangkapan, dua tersangka ini diketahui terekam CCTV saat beraksi berikut motornya yang ada di TKP pernah terjadi di Perumahan Bukit Cengkeh II,”katanya.

Saat penangkapan, aparat kepolisian mengambil tindakan tegas dan terukur melumpuhkan dua tersangka ini dengan tembakan di kakinya.

“Dua tersangka melakukan perlawanan saat dilakukan penangkapan oleh anggotanya. Untuk menciptakan situasi kamtibmas aman di wilayah Depok, kami tidak dapat bekerja sendiri, namun butuh kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga memelihara Kamtibmas di Depok,” pungkasnya.

Terpisah Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan menambahkan, sebagai warga Depok yang tinggal di daerah Sawangan, mengapresiasi kinerja jajaran Polresta Depok.

Selain itu Mantan anggota Kompolnas ini berencana akan memberikan penghargaan dari Lembaga Lemkapi, untuk kinerja dan pelayanan maksimal ke masyarakat.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here