Pemerintah Kota Depok Canangkan Satu Kampung Satu Qori

134
Walikota disaksikan wakil walikota dan Forkopimda saat membuka acara MTQ XX di Kecamatan Sawangan

Sawangan | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok berencana untuk menjalankan program satu kampung satu qori dan satu kampung satu hafidz. Hal itu diungkapkan langsung oleh Walikota Depok, Mohammad Idris pada saat acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XX Tingkat Kota Depok di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

“Kedepan kami ingin memiliki sebuah program yang mungkin bisa disebut one village one qori and one village one hafidz, atau satu kampung satu qori dan satu kampung satu hafidz,” ujar Idris, Rabu (30/10).

Dengan begitu, sambungnya, nanti masing-masing kecamatan dan kota tidak pusing-pusing ketika harus mengutus qori maupun hafidz ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Terus terang kami masih dapat keluhan bahwa masih ada kecamatan yang kesulitan untuk mencari qori yang bisa diutus untuk MTQ tingkat kota,” paparnya.

Kedepan Idris berharap, mudah-mudahan tidak ada lagi keluhan itu dengan perhatian Pemerintah Kota Depok terhadap pembinaan yang dilakukan oleh LPTQ dari tingkat kota hingga kecamatan, bahkan dikampung-kampung bisa digelorakan program tersebut.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi, inilah inti dari penyelenggaraan MTQ jadi bukan sekedar seremonial untuk mencari dan melombakan bidang-bidang tertentu, tetapi jadikan mereka sebagai asset Kota Depok dan berikan perhatian kepada mereka,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna berharap ada peningkatan-peningkatan setelah acara MTQ ini.

“Mudah-mudahan prestasinya tidak di level tingkat kota, tapi di level yang lebih tinggi seperti di tingkat propinsi. Untuk pembinaan kami berikan kesempatan di masing-masing wilayah ada lembaga-lembaga yang menaungi kegiatan ini, kami akan dorong terus terlebih harapannya kedepan ada sekolah khusus yang memang bisa melahirkan qori dan qoriah,” tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, H Asnawi mengatakan penyelenggaraan MTQ tingkat kota merupakan peristiwa keagamaan, kebudayaan, ekonomi dan sosial yang memiliki pesan-pesan peradaban luhur.

“Penyelenggaraan MTQ merupakan cara masyarakat menjaga keluhuran Al Quran sebagai wahyu Allah. MTQ juga merupakan bagian yang tak terpisahkan di dalam mengembangkan minat baca Al Quran,”

Acara pembukaan MTQ yang sangat meriah tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Dandim, Wakapolres, Kepala OPD dan para lurah se Kota Depok beserta warganya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here