Belum Beri Kepastian, PKS Bantah Gantung Idris

139
Salah satu balon walikota dari PKS saat menyampaikan visi dan misi dalam daialog publik

Margonda | jurnaldepok.id
Belum adanya kepastian dan sikap yang jelas dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terhadap petahana, Mohammad Idris direspon langsung oleh Ketua DPD PKS Kota Depok, Hafid Nasir. PKS bahkan membantah jika pihaknya sengaja menggantung Idris saat ini.

“Sudah berulang kali kami sampaikan, beliau (Idris,red) sebagai sosok petahana yang diusung oleh PKS di pilkada 2015 tentu mekanisme penilaiannya berdasarkan RPJMD dan janji kampanye. Sehingga, DPP melakukan pertimbangan berdasarkan capaian kinerja,” ujar Hafid kepada Jurnal Depok, Rabu (23/10).

Namun begitu, PKS belum bisa memastikan kapan dan apakah masih tetap mengusung Idris atau tidak pada pilkada 2020 mendatang.

“Pendaftaran di KPU kan masih tahun depan, begitu juga dengan penetapan pasangan calon, jadi masih cukup lama. Kami pun lima bakal calon kan diminta terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, dan itu masih berjalan,” paparnya.

Dijelaskannya, DPP PKS masih butuh waktu untuk memutuskan karena ada banyak tahapan-tahapan yang haus dilakukan PKS sesuai ketentuan partai.

Ketika ditanya sikap PKS jika nanti Idris diusung oleh partai lain, ini jawabannya.

“Beliau tahu pada pilkada 2015 diusung oleh PKS, jika memang ada partai lain yang akan mengusungnya pasti akan berkoordinasi juga dengan kami selaku pengusung. Namun sebagai kader eksternal wajar saja jika dilamar parati lain,” katanya.

Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa DPD akan fatsun dan menjalankan keputusan DPP PKS jika nanti DPP akan tetap mengusung Idris, meskipun banyak pula kader internal PKS yang kurang begitu setuju dengan Idris.

“Kami serahkan itu ke pusat, ada like and dislike itu hal yang wajar. Kami terbiasa dengan keputusan tingkat pusat dan kami akan sami’na wa’atona,” ungkapnya.

Sebelumnya Idris melontarkan pernyataan yang mengejutkan terkait keraguan PKS yang hingga kini belum memberikan kepastian terhadap dirinya. Bahkan, ia mengaku siap jika memang nanti Partai Gerindra dan partai lain akan mengusung dirinya.

“Saya akan menunggu arahan dari partai yang nanti akan mengusung saya, ini masih ragu-ragu nampaknya, nanti silahkan tanya keraguannya apa. Bukan PKS saja, saya juga siap kok diusung Gerindra, saya siap kalau Gerindra mau mengusung saya, partai-partai lain juga begitu, Insya Allah bisa, tapi mau enggak Gerindra mengusung saya?,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (22/10).

Dalam kesempatan itu Idris kembali menegaskan bahwa dirinya siap untuk maju kembali dalam pilkada nanti.

“Insya Allah saya siap maju lagi karena dua dari tiga kiai saya sudah merestui, keluarga juga sudah merestui, tinggal nanti lihat hasil survei di akhir Desember. Kalau saya 40 persen sebagai petahana saya akan maju, tapi kalau hanya 20 persen saya enggak pede, saya serahkan kepada yang lain silahkan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here