Orang Tua Dan Guru Miliki Peran Penting Cegah Peredaran Narkoba

14
Rezky M Noor

Margonda | jurnaldepok.id
Peran orangtua dan guru untuk terhindar dari bahaya narkotika sangat diperlukan. Hal ini mengingat mereka merupakan pihak yang terdekat dengan anak-anak.

Demikian dikatakan anggota DPRD Kota Depok, Rezky M Noor terkait adanya oknum siswa yang diamankan oleh Pihak Kepolisian karena mengedarkan paket ganja.

Dia menambahkan, keterlibatan orangtua dalam mendidik anak sejak usia dini sangat penting dengan menanamkannya pengetahuan tentang bahaya narkoba. Sehingga bisa lebih waspada dan mampu menghindari dari penyalahgunaan narkoba dalam proses pertumbuhannya.

“Bagaimana ibu-ibu dapat mengatasi penyalahgunaan narkoba bagi anak-anaknya. Karena orangtua, terutama ibu-ibu, mempunyai peran yang sangat penting dalam menerapkan pola asuh anak untuk mencegah penyalahgunaan narkoba,”katanya.

Seiring perkembangan zaman, semua informasi bisa diperoleh dengan mudah baik itu yang bersifat poisitif dan negatif. Orangtua juga tidak perlu merasa sulit untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, pasalnya banyak akses seperti BNN atau media lain yang bisa membantu memberikan pemahaman terhadap anak-anak.

“Harus tahu bagaimana penyampaian pada anak untuk mencegah dan menghadapi masalah narkoba. Tanamkan kepada anak-anak sejak usia dini permasalahan ini, karena setiap anak berpotensi tinggi untuk terperangkap narkoba,” jelasnya.

Kata dia, pengawasan setiap peserta didik, baik saat di sekolah maupun saat berada di rumah membutuhkan keseriusan. Ini lantaran tidak sedikit peserta didik saat ini terpapar narkoba, baik itu jenis sabu maupun jenis lainnya, yang diawali karena lemahnya pengawasan.

“Pengawasan itu perlu diperketat, jangan memberikan ruang yang terlalu luas, karena sama halnya kita membukakan pintu masuk sendikat untuk merusak generasi kita,” ungkapnya.

Untuk itu guru dan orang tua butuh kerjasama dan sinergitas yang baik. Tidak cukup jika persoalan anak hanya diserahkan kepada salah satu pihak, baik itu kepada sekolah, dalam hal ini guru, begitu juga sebaliknya, hanya diserahkan kepada orang tua. Keduanya memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk dalam hal tanggungjawab menyelamatkan dari pengaruh negatif narkoba.

Dia mengatakan salah satu bentuk pengawasan yang perlu dilakukan oleh guru adalah membuat komunikasi yang intens dengan peserta didik.

“Memberikan perhatian yang serius kepada setiap peserta didik, menunjukan empati yang begitu dalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik,” tandasnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here