Prihatin Dengan Kondisi Situ, Warga Bojongsari Gelar Gemmes

27
Puluhan warga foto bersama dengan Anggota DPRD Depok dan TNI seusai menggelar aksi Gemmes

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kondisi Situ Bojongsari saat ini dalam kategori memprihatinkan. Dimana, saat ini situ dipenuhi tanaman liar, apu-apu dan eceng gondok hingga menutup kawasan situ.

Dari itu, kemarin puluhan warga, TNI dan Polri menggelar aksi karya bakti dan penanaman pohoh di pinggir Situ Bojongsari.

Kegiatan itu diselenggarakan terkait Gerakan Masyarakat Membersihkan Setu (Gemmes) dan HUT ke-74 TNI, pada Minggu (6/10).

Daud Sulaiman, Ketua RW 14 Kelurahan Bojongsari, wilayah kerjanya meliputi areal Situ Bojongsari yang sekarang ini kondisinya memprihatinkan karena banyak dipenuhi tanaman liar, apu-apu /Pistia stratiotes dan eceng gondok, sehinggga situ yang diseibut sebagai lokasi wisata kondisinya kumuh.

“Meskipun dilakukan aksi bersih, tidak akan maksimal karena tanaman liar tersebut memenuhi kawasan situ. Jadi, situ yang dipenuhi apu-apu dan eceng gondok ini dibersihkannya harus melibatkan PUPR Depok dan PUPR pusat, karena areanya sangat luas sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil 05/Sawanga, Kapten Arm Erwin Saputra mengatakan, kegiatan karya bakti dengan aksi bersih dan menanam pohon dilakukan secara kerjasama dari unsur Koramil sebnyak 15 personel, Polri 6 personel, serta para warga RW 14 Bojongsari, dan anggota Karang Taruna.

Penanaman pohon yang dilakukan di tepi situ, lanjut dia, jenis pohon keras berupa aksia, dan buah-buahan sebanyak 60 pohon. Diharapkan pohon yang ditanam bisa tumbuh besar, sehingga menambah penghijauan di kawasan Situ Bojongsari ini.

Anggota DPRD Depok, Khairullah yang ikut melaksanakan aksi tanam pohon mengakui, kondisi Situ Bojongsari memprihatinkan karena tidak dirawat secara optimal. Dari pusat diharapkan segera merevitalisasi kawasan situ dari mulai turap, jogging track dan lainnya.

“Kemudian mengangkat gulma yang memenuhi area situ ini, sehingga menjadikan situ sebagai kawasan wisata yang menjadi daya tarik bagi pengunjung,” katanya.

Dirinya juga mengakui bahwa karya bakti dan penaman pohon yang dilakukan masyarakat, TNI dan Polri sangat positif, karena bermanfaat bagi lingkungan.

“Penanaman pohon yang dilaksanakan saat ini upaya melestarikan lingkungan situ, sehingga menjadi hijau,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here