Setu Rawa Kalong Batal Digarap Gubernur Jabar

200
Dadan Rustandi

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, H Dadan Rustandi mengatakan, proses revitalisasi Setu Rawa Kalong yang semula bakal dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sesuai janji gubernur gagal dilakukan, dikarenakan rupanya usulan telah masuk terlebih dahulu ke pemerintah pusat dalam hal ini BWSCC dan Kementerian PUPR.

“Ya, jadi sekarang revitalisasi Setu Rawa Kalong dilakukan oleh kementerian. Nilainya kurang lebih Rp 5-7 miliar,” ujar Dadan kepada Jurnal Depok, Selasa (1/9).

Ia menambahkan, sebenarnya anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk revitalisasi Setu Rawa Kalong jauh lebih besar yakni mencapai kurang lebih Rp 28 miliar.

“Jadi memang tidak boleh tumpang tindih, akhirnya yang diambil yang lebih dahulu diajukan. Memang dari segi nilai dari gubernur lebih besar dan akan mencakup lebih banyak pekerjaan dan diperkirakan bisa langsung tuntas revitalisasinya, namun yang lebih dulu terima pusat dan yang bantuan provinsi mundur,” paparnya.

Dadan tidak menapikan revitalisasi Setu Rawa Kalong dapat dilakukan oleh pemerintah provinsi karena nilainya yang cukup besar dan mampu melakukan pengerukan, sempadan dan penataan kawasan itu menjadi area wisata.

“Kalau yang dari pemerintah pusat pegerjaannya meliputi pengerukan dan jogging track. Kalau dari provinsi ada penataan kawasan wisata, makanya bantuannya lebih besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kecil kemungkinan dana bantuan dari Gubernur Jawa Barat untuk revitalisasi Setu Rawa Kalong terserap di tahun berikutnya.

“Bahwa sekarang ini untuk kami melaksanakan setu itu milik pusat, maka harus ada rekomendasi dari pusat. Artinya diperlihatkan pekerjaan seperti apa, kalau sudah di ACC pusat baru kami bekerja. Saat ini sedang berjalan pekerjaannya, bukan Jabar tapi dari kementerian,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here