Semarak Karnaval Budaya Betawi Meriahkan Santunan Yatim Yaliju

111
Terlihat begitu antusias warga saat mengikuti karnaval yang digelar Yaliju

Sawangan | jurnaldepok.id
Ribuan warga Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, tumpah ruah di Jalan Raya Muchtar untuk mengikuti karnaval Budaya Betawi yang digelar dalam rangka menyemarakkan penyantunan yatim Yayasan Lima Belas Juli (Yaliju).

Berbagai macam kreasi warga yang tergabung dalam empat RW itu ditampilkan oleh 18 RT yang masuk dalam Yaliju. Sebut saja seperti replika roti buaya berukuran 8 meter, pengantin Betawi, ondel-ondel, serta makanan khas orang Betawi yang biasa dibawa saat besanan.

“Bukan hanya hari ini mereka bergerak, tapi sudah jauh-jauh hari mereka mempersiapkan kreativitasnya untuk ditampilkan hari ini, tentu ini merupakan hal yang luar biasa dan kami apresiasi,” ujar Mustopa Dwi Putra, Ketua Yaliju, Minggu (29/9).

Ia mengatakan, bahwa kegiatan karnaval dapat terlaksana berkat semangat dan kebersamaan di Yayasan Lima Belas Juli.

“Sebagai pengurus kami sampaikan terimakasih dan penghargaan, mudah-mudahan ini bisa menjadi tradisi yang bisa dikembangkan di kemudian hari,” paparnya.

Mustopa mengungkapkan, sebanyak 111 anak yatim yang berasal dari empat RW di wilayah Kelurahan Sawangan mendapatkan santunan. Dikatakannya, santunan tidak hanya dilakukan setahun sekali namun yayasan juga memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak yatim yang masih sekolah setiap bulannya.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi kegiatan yang melibatkan ribuan warga Sawangan.

“Ini membuktikan keakraban dan keguyuban warga Sawangan dalam rangka menebarkan budaya yang bernuansa keceriaan dan menggambarkan bagaimana kekompakkan mereka dalam kepedulian dan pemberdayaan kepada anak-anak yatim,” tandasnya.

Dirinya berharap agar kegiatan tersebut dapat terus dilakukan dan ditingkatkan demi terciptanya masyarakat yang kompak dan menjaga kelestarian budaya bangsa.

Ketua Panitia Penyantunan Yatim Yaliju, Naasan menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses, meskipun kami sadari masih banyak kekurangan,” ungkapnya didampingi LPM Sawangan, Indra Jaya.

Dalam acara itu, keluar sebagai juara pertama lomba karnaval yakni RT 04/01, juara kedua RT 03/02, juara ketiga RT 01/01 dan juara ke empat RT 04/11 Kelurahan Sawangan. Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Depok, Khairullah Ahyari, Kapolsek, Danramil, KOOD dan ribuan warga.

Tak ayal, kemacetan sepanjang lebih dari dua kilo meter pun tak dapat dihindarkan karena banyaknya warga yang ikut serta dalam acara itu. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here