Bermula dari Bakar Sampah, Lahan Kosong Terbakar

8
Petugas saat memadamkan api di lahan kosong

Tapos | jurnaldepok.id
Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Leuwinanggung, Aipda Sugiyarto dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa), Pelda Sumaryono berjibaku memadamkan api yang membakar lahan kosong di RT 02/06, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos.

Kapolsek Cimanggis, AKP Bagus Panuntun mengatakan, awalnya ada laporan masyarakat tentang kebakaran lahan kosong yang hampir membakar tanaman di sekitar lahan tersebut.

Dengan sigap, sebelum datang petugas Damkar, anggota Bhabinkamtibmas Leuwinanggung, Aipda Sugiyarto berserta Babinsa memadamkan api menggunakan alat seadanya lebih dahulu.

“Api dengan cepat menyambar membakar seluruh rumput ilalang tinggi di lahan kosong seluas sekitar 1 hektare. Dibantu masyarakat saat kejadian kebetulan anggota Binmas sedang ada di lokasi segera memadamkan api,” ujarnya.

Peristiwa itu sempat membuat sejumlah warga di sekitarnya was-was. Namun AKP Bagus dengan sigap turun membantu Aipda Sugiyarto menggunakan selang dialiri air dari milik rumah warga.

Dari keterangan sejumlah saksi diduga pemicu kebakaran lahan kosong ini berawal dari orang membakar sampah lalu merembet.

Menurutnya musim kemarau berkepanjangan saat ini sangat rawan untuk membakar sampah terutama di lahan kosong. Ditambah banyak ilalang rumput tinggi dapat menimbulkan kebakaran dan dampak asap yang ditimbulkan dapat mengganggu kesehatan warga di sekitarnya.

Bagus menambahkan, kebakaran lahan kosong ini akhirnya berhasil dipadamkan setelah turun anggota Damkar dari UPT Tapos.

“Sekarang sudah padam dibantu dua unit pemadam kebakaran sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kami mengimbau supaya masyarakat jangan menabun sampah di sembarang tempat Karena rawan terjadi kebakaran,” pungkasnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here