Lebih dari Setahun Buron, Direktur Travel Umroh Bodong Diringkus

121
Hambali Abbas, bos travel umroh bodong yang berhasil diringkus polisi

Margonda | jurnaldepok.id
Satuan Unit Kriminal Khusus Polresta Depok mengamankan Hambali Abbas karena kasus dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dana jemaah umrah.

Kepala Sub Bagian Humas Polresta Depok AKP Firdaus mengatakan sebagai Hambali Abbas adalah Direktur PT. Damtour.

Dia mengatakan awal mula kasus penipuan terungkap ketika PT. Damtour menawarkan promo ibadah umrah dengan cara tunai atau mencicil seharga Rp 11 juta sampai Rp 25 juta.

“Kemudian pelapor tertarik lalu membayar biaya perjalanan umrah sebesar Rp 47 juta untuk suami, istri dan juga teman-temanya sebanyak 33 orang dengan total senilai kurang lebih Rp. 600 juta,” ujar Firdaus.

Ia menambahkan namun setelah uang ditransfer ternyata korban dan teman-temannya tidak diberangkatkan hingga tahun 2018. Diketahui pada Februari 2018 tersangka melarikan diri dan menutup kantor PT. DAMTOUR.

“Hambali diamankan di daerah Jalan Proklamasi Nomor 1 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok II Tegah,” ungkapnyam

Dugaan sementara berdasarkan keterangan Polresta Depok, sebut Firdaus, korban penipuan sekitar 200 jemaah dari 15 daerah yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Padang, Palembang, Indramayu, Kuningan, Kebumen, Ciamis, Brebes, Surabaya, Lampung dan Madura.

“Diperkirakan kerugian jemaah umrah yang tertipu oleh PT. Damtour sebesar Rp 4 miliar,” ucapnya.

Firdaus menerangkan modus yang dilakukam adalah dengan mempresentasikan jasa perjalanan ibadah umrah dengan cara tunai atau mencicil dan juga promo dengan kisaran harga antara Rp 11 juta sampai dengan Rp 25 juta. Dari jumlah setoran yang diberikan konsumen atau korban PT tersebut tidak digunakan untuk memberangkatkan jemaah.

“Berdasarkan pemeriksaan dan informasi tersangka melakukan modus seperti ini sejak tahun 2011 sampai dengan 2018,” tuturnya.

Dalam kasus ini Direktur PT. Damtour Hambali dikenakan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP.

Sementara itu Ketua LSM KAPOK, Kasno memberikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi tingginya serta ucapan beribu ribu terima kasih kepada pihak Kepolisian Polresta Depok.

“Kami hormati dan yang kami banggakan Polri dalam hal ini Bapak Kapolresta berserta jajaranya, karena sudah menangkap dan menahan saudara Hambali Direktur DAM TOUR sebagai tersangka penipuan ratusan calon jama’ah Haji Umroh. Semoga Hukum di Kota Depok tidak tumpul keatas namun tajam kebawa, dan Hukum dapat diterapkan dengan seadil adilnya,” tandasnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here