Enam Petani Belimbing Terima Sertifikat dari Pemprov Jabar

38
Kepala Distankan Kota Depok saat memberikan sertifikat dari Prov Jabar kepada petani Belimbing

Laporan: Asti Ediawan
Enam orang petani belimbing diwilayah Kecamatan Limo belum lama ini menerima sertifikat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Provinsi Jawa Barat.

Abdul Rojak salah satu pembudidaya tanaman belimbing diwilayah Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo mengaku sangat terharu saat menerima sertifikat dari Pemerintah atas usahanya mengembangkan usaha buah belimbing Depok yang biasa disebut belimbing Dewa.

“Alhamdullah saya tidak menyangka bakal mendapat sertifikat dari Pemerintah dan yang membuat saya lebih terkejut ternyata sertifikat itu dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat, ” ujar Abdul Rojak kepada Jurnal Depok kemarin.

Ungkapan senada juga dilontarkan oleh Atmaja Petani Belimbing diwilayah Kelurahan Limo, Kelurahan Limo.

Kepada Jurnal Depok, Atmaja mengaku sangat senang mendapatkan sertifikat dari Pemerintah atas keberhasilannya mengembangkan usaha tanaman belimbing Depok dalam kurun beberapa tahun terakhir.

“Seneng banget, dan ini akan lebih menyemangati saya untuk lebih giat lagi melaksanakan budidaya belimbing dilahan yang saya kelola, ” ujar Atmaja.

Dikatakan Atmaja, meskipun upaya pengembangan tanaman Belimbing Depok agak terkendala soal ketersediaan lahan, namun lanjut dia sampai saat ini dia dan kawan kawan masih antusias mengembangkan budidaya belimbing Depok diatas sedikit lahan lantaran harga jual belimbing cukup stabil.

“Sebenarnya jika masih ada lahan yang luas, usaha bertani belimbing cukup menjanjijikan, dengan harga stabil diatas Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per kilogram, hanya saja sekarang ini lahannya yang agak sulit setelah tergerus Tol dan perumahan, ” papar Atmaja.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, Diah Sadiah berharap pemberian sertifikat kepada para petani belimbing dapat menjadi motivasi bagi para petani untuk lebih giat lagi meningkatkan produktivitas usahanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen diwilayah Kota Depok.

“Selamat kepada para petani yang mendapat sertifikat, semoga sertifikat penghargaan itu dapat menjadi penyemangat bagi para petani untuk lebih rajin lagi merawat dan mengembangkan tanaman belimbing, ” kata Dyah saat mendampingi perwakilan Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Provinsi Jawa Barat menyerahkan sertifikat kepada para petani belimbing Kecamatan Limo. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here