Cegah Aksi Menyontek, Siswa AMEC UTS Gunakan Handphone

117
Direktur Sekolah Amec saat meninjau pelaksanaan UTS

Bojongsari | jurnaldepok.id
Siswa SMK Farmasi Keperawatan dan Multimedia Yayasan Al Ma’mun Education Center (AMEC) mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) menggunakan handphone.

Hal ini dilakukan pihak sekolah agar para siswa mengerjakan soal secara mandiri dan agar tidak bisa mencontek.

“Pemanfaatan teknologi ini aplikasinya sudah dibuat tiga tahun lalu, dan untuk penerapannya sudah berlangsung selama dua tahun ajaran belakangan ini,” ujar Ma’mun Ridwan, Direktur AMEC kepada wartawan, Kamis (16/9).

Seperti sekarang ini, lanjut dia, siswa SMK jurusan Keprawatan, Farmasi dan Multimedia mengikuti UTS menggunakan handphone, karena aplikasinya sudah tersedia di telepon genggam masing-masing.

Kelebihan mengerjakan naskah soal dengan handphone, kata dia, suasana ruang kelas tidak kotor karena saat UTS sudah tidak menggunakan kertas, kemudian para siswa mengerjakan naskah soal secara mandiri, dan mereka mereka tidak bisa nyontek.

“Jadi kami terapkan teknologi ini sesuai perkembangan zaman, karena sekarang ini teknologi sudah canggih,” tandasnya.

UTS menggunakan handphone, dijelaskannya, tidak hanya dilakukan siswa SMK, termasuk juga SMP. Pelaksanaan UTS dari Senin hingga Sabtu (16-21/9/2019), sebanyak 12 mata pelajaran.

“Adapun hasil nilai UTS nantinya bisa dilihat dari handphone siswa masing-masing, dan nilai yang diberikan adalah murni, karena tidak bisa diubah,” katanya.

Sementara itu, Nabilah, siswa jurusan Keprawatan mengakui, UTS menggunakan aplikasi lebih enak dibandingkan menggunakan kertas, karena siswa tidak perlu repot membawa alat tulis, karena soalnya sudah ada di handphone.

“Jadi, UTS mengerjakan di HP menyenangkan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here