Ibu Rumah Tangga Nekat Gantung Diri

119
ilustrasi

Cinere | jurnaldepok.id
Warga Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, kemarin pagi dikejutkan dengan kabar ditemukannya Hasnah (52), ibu rumah tangga (IRT) Warga Jalan Masjid Al Akhyar Gang H. Bi’ih Rt 09/02, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, dalam kondisi tewas tergantung didekat kamar tidur lantai dua rumahnya.

Kepada Jurnal Depok, putra sulung Hasnah, Ridwan Pratama mengatakan, aksi gantung diri yang dilakukan oleh ibunya membuat semua anggota keluarga syok. Pasalnya, sebelumnya ibunya tidak pernah mengeluh apapun kepada anggota keluarga.

“Pada pukul 5.00 Wib pagi adik saya Annisa Puspita Sapitri menemukan ibu saya sudah tergantung disamping kamar dekat tangga dan saat itu adik saya baru bangun tidur, ” kata Ridwan, Minggu (8/9).

Diceritakannya, selama ini ibunya tidak pernah berkeluh kesah kepada keluarga dalam soal apapun. Meskipun, lanjut dia, ayahnya sudah tidak lagi bisa mencari nafkah lantaran sakit dan sudah tidak bisa melihat sebagai dampak dari penyakit diabetes yang sudah lama diderita ayahnya.

“Kami enggak nyangka sama sekali, ibu enggak pernah ngeluh, ” ungkap Ridwan dengan linangan air mata.

Hal senada diungkapkan oleh Lilis, salah satu tetangga Hasnah. Dikatakan Lilis, semasa hidupnya Hasnah yang rajin menghadiri pengajian dan kegiatan lingkungan tidak pernah mengeluh, bahkan kata dia pada, Sabtu (7/9) siang, dirinya masih bertemu dengan Hasnah.

“Dia enggak banyak ngomong, tapi orangnya aktif dan rajin ngaji, kamarin siang saya masih ketemu dia dan dia ngasih uang arisan, ” papar Lilis.

Pernyataan senada disampaikan Ketua Rt 09/09, Abdul Azis. Dikatakan Aziz, sepengetahuannya Hasnah hidup normal sama seperti warga lainnya, dan sejauh ini lanjut dia dirinya tidak pernah mendengar ada masalah terhadap keluarga Hasnah.

Disisi lain, Wageyanto kepada Jurnal Depok mengaku tidak menyangka istri kesayangannya bakal nekat melakukan aksi gantung diri, terlebih kata dia beberapa jam sebelum ditemukan tergantung, dirinya masih bersama Hasnah menonton TV.

“Biasa setiap malam saya selalu bersama dia nonton TV, dan semalam saya bersama dia nonton TV dan subuhnya ditemukan oleh anak saya dalam kondisi sudah meninggal,” ujar Wageyanto.

Sementara Kapolsek Limo, Kompol M. Iskandar membenarkan telah terjadi peristiwa gantung diri atas nama Hasnah warga Kelurahan Gandul, namun dirinya belum bisa memastikan motif pelaku sekaligus korban sehingga nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

“Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan luar, tidak ditemukan tanda tanda kekerasan pada tubuh korban, dan pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi dan untuk sementara kami menduga kejadian ini murni kasus bunuh diri, ” pungkas M. Iskandar. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here