Andalkan Lingkungan Yang Asri, LKSA Al Kamilah Diverifikasi Kota Sehat

9
Kepala Dinas Sosial dan Tim Verifikasi Lapangan bersama pengurus Yayasan Al Kamilah foto bersama usai melakukan penilaian

Laporan: Rahmat Tarmuji
Yayasan Al Kamilah di wilayah Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, menjadi salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang diverifikasi lapangan dalam rangka lomba kota sehat tingkat nasional.

Ketua Yayasan Al Kamilah, Ahmad Badrudin menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dan kehormatan menjadi salah satu LKSA yang ada di Depok untuk menjadi LKS yang dinilai sebagai kawasan sosial sehat dalam rangka verifikasi lapangan kota sehat tingkat pusat.

“Alhamdulillah kami sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin apa yang bisa kami lakukan dalam bentuk suasana di lingkungan kawasan sosial kota sehat. Di mana dalam lingkungan ini kami tata halaman yang asri, nyaman dan yang sehat kemudian bebas dari rokok,” ujar Badrudin, kemarin.

Selain menata halaman, pihaknya juga menata asrama putra putri dan seluruh fasilitas termasuk kamar mandi, dapur dan lain sebagainya.

“Mudah-mudahan dengan penilaian ini menjadikan motivasi bagi kami agar kami ini menjadi panti yang betul-betul sehat tingkat nasional,” paparnya.

LKSA Al Kamilah merupakan salah satu yang ditunjuk oleh Pemkot Depok atas rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Depok. Dengan suasana di Kota Depok yang memang penyangga ibukota, tentunya sudah mulai baik.

“Kami mengajarkan anak-anak untuk merawat pohon-pohon yang rindang dan mengedepankan desain yayasan ramah lingkungan. Kalau lingkungan sehat, penghuni juga wajib sehat, harus bisa menjaga diri. Seluruh yang ada di asrama ini harus mengedepankan pola hidup sehat,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya juga bermitra dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang ada dengan melakukan pemeriksaan kesehatan anak-anak secara berkala.

“Tidak harus menunggu sakit baru di periksa, ya tapi ketika kondisi normal pun mereka diperiksa sehingga untuk pencegahan dari penyakit. Terima kasih mohon doanya kepada masyarakat Depok semoga Al Kamilah ini bisa menjadi salah satu tempat yang dinilai terbaik membawa nama baik Kota Depok,” harapnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana yang datang langsung ke lokasi penilaian mengungkapkan bahwa Yayasan Al Kamilah sudah terbukti di tingkat provinsi bahkan masuk nominasi di tingkat nasional.

“Memang LKSA itu banyak sekali, di Depok ini ada 38 kemudian yang sudah terakreditasi 21 LKS itu sudah ada dari Kemensos,” tandasnya.
Dikatakannya, bahwa hal ini tidak mudah dan harus melewati berbagai tahapan.

“Mohon doanya kepada warga masyarakat semua, tentunya ini salah satu indikator penilaian dari kota sehat tingkat pusat. Ini sudah mendapat rekomendasi dari Dinsos. Kami yakin ini bisa sesuai dengan keinginan kita semua,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here