Tiga Kelurahan Kekurangan Pasokan Air Bersih

15
ilustrasi

Cimanggis | jurnaldepok.id
Di musim kemarau yang berkepanjangan tiga kelurahan di Kota Depok kekurangan pasokan air bersih. Hal tersebut diungkapkan Staf Bidang Penanggulangan Bencana dan Pelayanan Sosial Kesehatan Masyarakat PMI Kota Depok, Sarah Aprilianti.

Ia mengungkapkan kelurahan yang terdampak itu berada di dua kecamatan berbeda. Di antaranya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis kemudian Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo dan Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.

“Iya, sejauh ini yang terdata di kami ada dua titik kecamatan yang terdampak kekeringan. Dua titik itu terdiri dari tiga kelurahan, yakni kawasan Tugu, Meruyung dan Harjamukti,” ucapnya.

Adapun jumlah kepala keluarga atau KK yang terdampak yakni, Jalan Sumur Bandung III RT 07/07 dan Jalan Bungur II RT. 05/07, Kecamatan Cimanggis itu masing-masing dua sumur yang kekeringan. Sedangkan lokasi terparah berada di Jalan Saidun RT 01/04 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, dengan jumlah yang terdampak 50 KK atau sekira 300 warga.

Dirinya menuturkan mereka yang mulai mengalami kesulitan air bersih adalah pengguna air tanah atau sumur.

Sarah memprediksi, jumlah warga yang terdampak akibat musim kemarau ini diperkirakan akan terus bertambah. Jika dilihat dari kondisi cuaca, jumlah warga yang terdampak berpotensi mengalami peningkatan.

Terkait hal itu, pihaknya siap menerima laporan atau permintaan air bersih yang nantinya akan dikoordinasikan dengan PDAM setempat.

“Untuk masyarakat yang terdampak bisa juga menghubungi kantor kami atau lapor RT, RW atau pun kelurahan setempat. Insya Allah akan segera kami tindak lanjuti,” katanya.

Sementara itu, PDAM Tirta Asasta memastikan pasokan air untuk para pelanggan di wilayah Depok aman saat menghadapi musim kemarau hingga satu tahun ke depan.

Meski demikian, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu tetap melakukan berbagai upaya antisipasi, salah satunya memaksimalkan sejumlah bendungan atau waduk yang berada di area Kali Ciliwung.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here