Tema HUT RI Ke 74 Selaras Dengan Visi Kota Depok

197
Walikota Depok saat menyerahkan bendera kepada tim paskibra untuk dikibarkan

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan tema HUT RI ke 74 tahun ini selaras dengan visi Kota Depok yakni “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Dikatakannya, melalui tema ini, negara ingin menunjukkan itikad dan semangat yang besar untuk membangun SDM yang unggul serta membawa Indonesia menjadi negara yang mampu berkompetisi di tingkat global sehingga memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Dalam konteks Pemerintah Kota Depok, upaya membangun dan mengembangkan SDM menjadi poin penting dan prioritas, bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Visi dan Misi pembangunan pada pemerintahan saat ini,” ujarnya usai menjadi inspektur upacara, Sabtu (17/8).

Ia mengatakan, di dalam Visi Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius, salah satu poinnya adalah pengembangan sumber daya manusia yang bertumpu pada ketahanan keluarga.

“Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan karakter kepribadian anggotanya melalui pemenuhan kebutuhan spiritual, materi dan sosial akan berdampak pada meningkatnya kualitas SDM,” paparnya.

Hal tersebut, kata dia, diperkuat lagi dengan salah satu Misi pembangunan Kota Depok yaitu
mengembangkan sumber daya manusia yang kreatif dan berdaya saing.

“Untuk membangun dan mengembangkan SDM yang unggul, tentunya perlu ditunjang oleh tersedianya sarana dan pra sarana pendidikan yang memadai,” jelasnya.

Menyadari pentingnya hal ini, Pemerintah Kota Depok telah melaksanakan berbagai program bantuan kepada siswa maupun guru swasta dan honorer, mulai dari tingkat TK/PAUD, PKBM, SLB, SD hingga SMA.

Selain itu, kata dia, bantuan juga diberikan dalam bentuk pembangunan 40 ruang kelas baru (RKB)
SD, 3 RKB SMP, renovasi 19 SD, renovasi 12 SMP, pembangunan gedung SMP Negeri baru serta
pembangunan gedung PGRI Kota Depok sebagai bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan.

“Kita patut bersyukur, sektor pendidikan di Kota Depok telah berkontribusi dalam peningkatan
Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Barat yang dirilis April 2019 menyebutkan IPM Kota Depok tahun 2018 adalah sebesar 80,29. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 79,83,” ungkapnya.

Dengan demikian, sambungnya, Kota Depok menjadi salah satu dari 3 kota di Jawa Barat yang mencapai status pembangunan manusianya sangat tinggi.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna memaknai HUT RI ke 74 dikaitkan dengan Kota Depok cukup pesat kemajuannya. Terutama peningkatan mutu kualitas SDM yang ada saat ini termasuk yang tertinggi di Jawa Barat.

“Hal ini patut disyukuri karena memang Depok memiliki keterbatasan sumber daya alam namun sumber daya manusianya banyak yang berkualitas,” tandasnya.

Upacara peringatan HUT RI ke 74 yang digelar di lapangan Balaikota Depok turut dihadiri oleh Anggota DPRD Depok, Forkopimda, Veteran, Ormas dan masyarakat Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here