Pemkot Depok Perkokoh Perlindungan Anak

76
Walikota-wakil walikota Depok didampingi istri saat memeringati puncak Hari Anak Nasional

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pemerintah Kota Depok memiliki komitmen untuk menjaga anak-anak dan menjadi generasi yang penuh dengan keemasan.

Hal itu dikatakan Walikota Depok, Mohammad Idris usai gelaran acara puncak Gelar Ekspresi Anak (GEA) 2019.

“Mudah-mudahan ini menjadi momen memperkuat komitmen perlindungan anak. Ini bukan hanya sekedar sebuah seremonial untuk memperingati Hari Anak Nasional di tingkat Kota Depok, namun sebagai bentuk perhatian pemerintah mengajak orangtua mengekspresikan penghargaan dan perlindungan kepada anak-anak,” ujarnya, kemarin.

Ia menambahkan, cara tersebut juga menjadi pengingat akan tanggungjawab dan komitmen mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) di jajaran pemangku kepentingan. Untuk itu, dirinya mengajak semua pihak untuk menghantarkan anak-anak menjadi generasi emas.

“Selain merayakan HAN, ada beberapa langkah nyata Pemkot dalam mewujudkan KLA baik secara kelembagaan dengan pembentukan RW Ramah Anak dengan kriteria dan indikator yang sesuai dengan arahan pusat,” paparnya.

Secara yuridis, kata dia, pemerintah kota memiliki Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga Nomor 9 Tahun 2017. Kemudian diturunkan lagi menjadi Peraturan Wali Kota (Perwal) agar bisa diimplementasikan di lapangan.

Sementara itu Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pemerintah kota juga terus berupaya meningkatkan infrastruktur untuk kota ramah anak.

“Selain sarana dan prasarana bagi mereka, juga sarana public juga harus mereka dapatkan. Ini sudah kami kaji dengan Bappeda berkaitan dengan sarana public seperti jalan dan pedestrian agar ramah anak dan difabel,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here