Maling Tutup Gorong-gorong Diringkus

61
ilustrasi

Tapos | jurnaldepok.id
Anggota Reskrim Unit Resmob Polresta Depok berhasil meringkus terduga pelaku pencuri tutup gorong-gorong jalan di Jalan Tunaskarsa RT 04/06, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos.

Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Deddy Kurniawan mengatakan penangkapan pelaku berdasarkan
adanya pelapor Joko Hartono yang kehilangan penutup gorong-gorong
di depan rumahnya.

“Pelaku AY alias A (22) warga Jatijajar Tapos, sekitar pukul 10.00 WIB berhasil ditangkap anggota kami sedang melintas di Jalan Tunaskarsa,” katanya.

Diketahui pelaku AY alias Y ini sebelumnya pada 27 Juli sekitar 05.00 WIB diketahui telah mencuri tutup gorong-gorong jalan terbuat dari besi di Jalan Bakti Abri GG. Saut, RT.04/010 Sukamaju, Tapos.

Dia menuturkan pelapor Joko Hartono melihat sudah tidak ada penutup drainase (gorong-gorong) di depan rumahnya.

Setelah dilakukan pengecekan dengan mengecek bersama Ketua RT setempat tenyata tutup gorong-gorong sudah tidak ada.

“Tutup gorong-gorong yang dicuri merupakan milik warga dibeli dari hasil swadaya. Fungsi tutup gorong-gorong itu adalah supaya laju kendaraan tidak terganggu untuk melintas dan sebagai penutup selokan air,” jelasnya.

Penyelidikan anggota Resmob dengan memintai beberapa keterangan saksi-saksi pelaku berhasil ditangkap.

Berdasarkan hasil penggrebekan di tempat persembunyian pelaku, anggota menyita delapan penutup gorong-gorong terbuat dari besi senilai Rp 3 juta dan motor Honda Beat putih F 6219 IO yang dipakai pelaku saat beraksi.

Modus pelaku mencuri tutup gorong–gorong, lanjut Kompol Deddy, adalah untuk dijual kembali dengan keuntungan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Atas perbuatan pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman pidana diatas lima tahun penjara,” pungkasnya.nCR-JD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here