Koperasi Diyakini Mampu Tingkatkan Peluang Ekonomi UMKM

115
Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua Dekopinda saat melepas peserta jalan santai dalam rangkaian pekan koperasi

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak semua koperasi aktif di Kota Depok untuk turut serta meningkatkan peluang ekonomi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Depok. Pasalnya, saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang menjadi anggota koperasi.

“Masyarakat yang memiliki jiwa enterprener dan memiliki usaha bisa terus menjajakan hasil usahanya. Terlebih saat ini koperasi punya peranan memfasilitasi produk agar lebih terkenal di masyarakat,” ujarnya seperti dilansir depok.go.id, kemarin.

Pernyataan tersebut dikatakan Idris saat menutup kegiatan Pekan Koperasi Tahun 2019 di lapangan Balai Kota Depok, Sabtu (3/8).

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga akan membantu meningkatkan peluang ekonomi bagi pelaku usaha. Yang sudah dilakukan pemerintah sendiri saat ini seperti pembinaan, bazar UMKM, dan pemasaran melalui berbagai kegiatan.

“Secara pribadi maupun pemerintahan dirinya sangat apresiasi kepada para pelaku usaha, pengurus dan yang peduli usaha-usaha yang dilakukan oleh rekan koperasi atas terselenggaranya acara pecan koperasi,” paparnya.

Menurut informasi, kata dia, ada koperasi omzetnya Rp 26 milyar per tahun dan ada juga yang mencapai 16 milyar per tahun. Apabila kita meyakini dan optimis mempunyai tekad yang kuat untuk memajukan dan menghidupkan koperasi, banyak sekali keberkahan-keberkahan yang tidak diduga.

“Ada tiga hal untuk memperjuangkan koperasi, yakni kooperatif dalam kehidupan bermasyarakat, kemudian gotong royong dan mandiri. Dirinya merasa bersyukur dari tahun ketahun atas fasilitas dari usaha Dekopinda dan dinas terkait (DKUM), sudah mengimplementasikan distributor untuk wilayah timur dan barat untuk D’co Mart yang dikelola koperasi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, Teguh Prajitno menuturkan, saat ini koperasi sudah memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM. Dengan harapan para pelaku dapat lebih mudah memproduksi dan memasarkan hasil produknya untuk dikenal lebih luas.

“Pembinaan sudah dilakukan dari beberapa koperasi. Semoga perekonomian Kota Depok dapat terus meningkat melalui peran dari pelaku usaha,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here