Perbaiki Pipa Air, PDAM Garap Raya Sawangan

182
Terlihat beberapa pekerja saat menggali tanah untuk peremajaan pipa milik PDAM

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Proyek revitalisasi pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok di Jalan Raya Sawangan mulai digarap. Pengerjaan tersebut kemarin dimulai dari Perempatan Mampang Kodim hingga lampu merah simpang Sandra.

“Pengerjaan proyek dibagi menjadi beberapa tim dan titiknya disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” ujar Sudirman, Manager Pembangunan PDAM Tirta Asasta Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, pengerjaan dimulai dari Perempatan Mampang Kodim dikarenakan beberapa minggu lalu pipa milik PDAM terdampak oleh amblasnya Jembatan Mampang.

“Itu nanti kami hubungkan ke pipa yang baru kami pasang, karena sudah tahu titiknya dimana. Kami juga senantiasa memperhatikan kondisi kepadatan arus lalu lintas, dengan begitu waktu pengerjaannya bisa disesuaikan,” paparnya.

Tak hanya itu, pihak PDAM juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian untuk memasang papan penguman atau spanduk peringatan terkait adanya pengerjaan proyek PDAM.

Sebelumnya Direktur Operaional PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Supendi mengungkapkan peremajaan pipa sepanjang 1.947 meter yang berada di Jalan Raya Sawangan tak lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menambahkan, revitalisasi jaringan dirasa perlu mengingat pipa di jalur tersebut sudah tua dan banyak yang bocor. Selain itu, kedalamannya pun akan dimaksimalkan karena hal tersebut berdampak pada pasokan air ke pelanggan.

“Pipa yang lama akan diganti dengan yang baru, dimana diameternya lebih besar yakni 400 inci,” paparnya.

Nantinya, kata dia, pipa tersebut akan disambungkan dengan pipa eksisting milik PDAM. Mengingat Jalan Raya Sawangan merupakan jalan padat kendaraan, Supendi menekankan kepada pihak pelaksana agar betul-betul melakukan pekerjaan dengan baik dan rapih.

Pihaknya juga meminta pelaksana peroyek agar meminimalisir tumpukan tanah galian di bahu jalan.

“Tanah-tanah galian jangan sampai berceceran di jalan. Kami terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih pengguna jalan. Proyek pengerjaan baru kami mulai ketika kelengkapan material sudah terpenuhi,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan memasang spanduk sosialisasi di beberapa titik termasuk di setiap pit boring.

“Nanti di setiap pit boring ada pengamannya. Untuk diameter pipa yang dipasang terdiri dari pipa 400 inci dan 100 inci. Adapun nilai kontraknya mencapai Rp 6,9 miliar. Peremajaan pipa itu untuk wilayah Pancoran Mas, Limo dan Sawangan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here