Pemkot Berencana Olah Sampah jadi Tenaga Listrik

54
Beginilah kondisi TPA Cipayung beberapa waktu lalu

Laporan: CR1-JD
Pemerintah Kota Depok berencana akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA), di Tempat Akhir Pengelolaan Sampah Nambo, Kabupaten Bogor.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan rencananya seluruh sampah di Kota Depok akan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Nambo, Kabupaten Bogor dan akan diolah.

“Rencana tersebut selambat – lambatnya kami akan realisasikan tahun 2020. Kami juga telah berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ” katanya.

Ia menambahkan di Nambo, sampah akan diubah menjadi energi listrik. Menurut Pradi hal tersebut sebuah terobosan yang inovatif.

Menurut dia, TPS yang saat ini digunakan untuk menampung sampah warga Kota Depok yaitu Cipayung dianggap tidak bisa memenuhi kapasitas (Overload), maka secepatnya harus dipindahkan.

Namun, Pemerintah Kota Depok harus meminta ijin terlebih dahulu ke Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai pemangku kekuasaan wilayah TPS Nambo.

“Kami berharap tahun ini sudah bisa dibuang ke Nambo. Apalagi PLN tidak mau membuat PLTSA, jadi sampah di kita (Depok) dijadikan satu dengan Kabupaten Bogor nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawabarat Ridwan Kamil menegaskan dirinya telah memberikan ijin untuk rencana penggunaan TPS Nambo. Namun teknis pelaksanaannya masih dirumuskan.

“Karena lokasinya bukan di Depok, ada di Bogor. Maka harus ketok pintu dulu ke Bu Hj Ade Yasin, kalau ijin sudah tinggal dirumuskan teknisnya saja,”katanya.

Ridwan Kamil menerangkan, untuk menentukan sebuah kebijakan terutama penggunaan ruang sebagai lokasi pembuangan sampah diperlukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

“Karena membuang sampah itu harus ada Amdal, nah Amdalnya lagi dikerjakan. Kalau sampahnya tercecer nanti komplain kan gimana, tapi intinya dalam bulan-bulan ini kalau teknisnya sudah aman maka sampah kota Depok bisa dibuang ke Nambo,” pungkasnya.nCR-JD1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here