Gegara Lagu Di Lampu Merah, Idris Mendadak Viral

187
Walikota Depok, Mohammad Idris saat tampil di salah satu stasiun tv swasta (foto dok promentasi)

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris sudah beberapa hari terakhir ini mendadak viral baik di media sosial maupun media mainstream lainnya. Viral nya orang nomor satu di Kota Depok itu tak lepas dari kebijakan yang kontroversi terkait pemutaran lagu di beberapa titik lampu merah di Jalan Margonda Raya.

Dalam seminggu terakhir, Idris sudah diminta dan tampil di beberapa stasiun televisi untuk menjelaskan program yang dianggap ‘nyeleneh’ tersebut.

“Ini bentuk sosialisasi, terobosan serta inspirasi dari berbagai kota besar. Lagu berjudul, Hati-hati, mengandung pesan moral dan edukasi di dalamnya. Karena isi liriknya mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas, tanpa menggurui,” ujar Idris, Selasa (23/7).

Pernyataan tersebut dikatakan Idris usai menjadi narasumber dalam acara Talkshow Viral Banget di Studio Kompas TV, Jakarta, kemarin.

Dikatakannya, lagu Tertib Lalu Lintas (Tiblantas) rencananya diuji coba pada akhir Agustus mendatang.

Tujuan pesan Tiblantas melalui lagu, kata dia, bukan untuk mengusir stres pengendara di jalan, tetapi hanya sebagai bentuk edukasi yang masuk ke dalam konsep Joyful Traffic Management (JoTram) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

“Ada kekeliruan persepsi di masyarakat. Pesan Tiblantas bukan pemutaran musik sepanjang hari di traffic light, tetapi hanya diputar dengan durasi 45-60 detik sesuai durasi lampu merah. Kalau sudah lampu hijau, ya lagu juga berhenti,” katanya.

Selain itu, sambungnya, bagi penyeberang jalan menjadi penanda awal dan berakhirnya lampu merah sehingga bisa tetap waspada.

“Sedangkan bagi pengendara, sebagai ajakan untuk tertib di jalan sehingga memberi kenyamanan bagi pengendara yang lain. Untuk medianya, kami optimalisasikan peralatan yang sudah ada di traffic light yang dilengkapi dengan CCTV dan terkoneksi dengan ATCS (Area Traffic Control System ) di Dishub dan D’COR Balai Kota,” ungkapnya.

Dalam talkshow tersebut, Idris juga memaparkan beberapa program guna mengurai kemacetan di Kota Depok. Seperti rencana pembuatan underpass Dewi Sartika, terusan Jalan Juanda menuju Cinere, serta underpass Citayam.

Lagu ‘Hati-hati’ yang rencananya diputar di lampu merah, kini sudah viral dan menuai berbagai komentar warganet. Lagu ciptaan seniman Koko Thole tersebut, mengandung pesan moral dan edukasi untuk keselamatan berkendara di jalan raya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here