Sekolah Ayah Bunda, Tekan Kasus Perceraian

30
Suasana talk show pada acara launching sekolah ayah bunda

Margonda | jurnaldepok.id
Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok untuk menekan angka perceraian yang konon katanya meningkat setiap tahun di kota berjuluk Sejuta Belimbing ini. Selain melakukan penyuluhan, Pemkot Depok juga telah memiliki Perda Ketahanan Keluarga yang salah satu poinnya untuk mencegah terjadinya perceraian.

Tak sampai disitu, kemarin giliran Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok yang melaunching Sekolah Ayah Bunda. Tujuannya tak lain juga untuk meminimalisir kasus perceraian di Kota Depok.

“Sekolah ayah bunda akan memberikan enam kali sesi pertemuan. Adapun kurikulum materi yang disusun antara lain ayah pemimpin keluarga, ayahku idolaku, enterpreneurship dalam keluarga,” ujar Nessi Annisa Handari kepada Jurnal Depok, Selasa (16/7).

Selain itu, adapula materi untuk bunda yaitu bunda bahagia keluarga bahagia, bunda dokter di rumah, rumah rapi, dan menyusun menu sehat dan bergizi.

“Kami juga sudah menyiapkan berbagai materi parenting atau seputar pengasuhan anak diantaranya mengenal tahap-tahap tumbuh kembang anak, mendengar dan bicara praktek pengasuhan, ataupun penguatan konsep diri anak,” paparnya saat peresmian Sekolah Ayah Bunda, Hotel Bumi Wiyata, Margonda.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam sekolah ini nantinya selain ada proses belajar akan ada pula evaluasi. Serta seperti halnnya sekolah pada umumnya, peserta sekolah ayah bunda akan ada proses wisuda saat seluruh materi sudah selesai diberikan.

“Mudah-mudahan dengan sekolah ayah bunda bisa menguatkan pembangunan keluarga di Kota Depok menuju masyarakat berkualitas dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida mengatakan, Sekolah Ayah Bunda merupakan satu upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa. Hal ini merupakan ikhtiar bersama seiring dengan upaya lainnya dalam menjaga keutuhan keluarga di Kota Depok.

“Berbagai upaya promotif, edukatif, hingga kuratif lewat lembaga P2TP2A sudah kami lakukan. Semua demi anak-anak Depok dan kuatnya pertahanan keluarga di Kota Depok,” jelasnya.

Elly yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Depok mengatakan, Sekolah Ayah Bunda dimaksudkan untuk menekan angka perceraian di Kota Depok.

“Sekolah ini untuk menjaga keutuhan keluarga dan optimalisasi peran ayah untuk menjalankan fungsi-fungsi yang memang boleh jadi tidak ada sekolahnya, ini sekolah non formal untuk mendapatkan ilmu, pembinaan, keterampilan dan pelatihan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here