Dalam Setahun 3.525 Wanita Depok jadi Janda

135
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menyebut angka perceraian di Kota Depok pada tahun 2018 lalu mencapai 3.525 pasang. Data tersebut diperoleh DPAPMK dari Pengadilan Agama Kota Depok.

Menanggapi hal itu Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, kasus perceraian yang terjadi di Depok lebih disebabkan oleh faktor pemahaman dan kekurang tahuan masyarakat tentang presepsi pernikahan.

“Penyebab itu sampai 50 persen, ada juga unsur pemaksaan dari orang tua, ekonomi, kekerasan terhadap istri dan anak karena watak dari sang ayah, ini juga menjadi penyebab dari perceraian,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (16/7).

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Depok telah melakukan berbagai antisipasi untuk menekan angka perceraian. Idris juga menjelaskan, Pengadilan Agama sebelum memutuskan perkara perceraian dilakukan mediasi antar kedua belah pihak.

“Mereka juga mengambil sikolog dari luar yang bekerjasama dengan KUA atau Kemenag. Dari itu, sejak 2016 lalu TP PKK masuk ke ruang kerjasama pencegahan perceraian di PA, mungkin nanti perlu ditingkatkan lagi kerjasamanya,” papar Idris usai membuka acara Launching Sekolah Ayah Bunda.

Sementara itu Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengungkapkan, pihaknya merasa prihatin atas banyaknya kasus perceraian tesebut.

“Dari itu DPAPMK berusaha untuk melakukan kegiatan yang nanti diharapkan dapat menguatkan ketahanan keluarga di Kota Depok. Kami sudah launching sekolah pra nikah untuk membekali mental dan kemantapan dalam ekonomi serta kebijaksanaan dalam berpikir, dan yang terbaru ini adalah Sekolah Ayah Bunda, tujuannya untuk mencegah kasus perceraian,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, data dari Pengadilan Agama Kota Depok ada tiga penyebab utama perceraian di antaranya ekonomi, KDRT dan pihak ketiga.

“Itu yang kami coba antisipasi dan formulasikan. Alhamdulillah hari ini (kemarin,red) melaunching Sekolah Ayah Bunda Kota Depok yang bertujuan untuk mempererat ketahanan keluarga,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here