Lumpur Kali Krukut Dieksekusi

105
Puluhan warga saat melakukan pengerukan lumpur Kali Krukut

Limo | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Danudi Amin, kemarin menyempatkan diri memimpin pelaksanaan kerja bakti mengangkat lumpur dan sampah dari bidang Kali Krukut yang selama ini menjadi biang keladi penyebab banjir diwilayah Rt 06/07, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

Kepada Jurnal Depok, Danudi Amin mengatakan, pelaksanaan kerja bakti normalisasi bidang kali Krukut diharapkan dapat mengatasi masalah luapan air dipermukiman warga, khususnya warga Rt 06/07 yang kerap terjadi terutama saat musim hujan lantaran kawah kali sudah sangat dangkal tertimbun sampah dan endapan tanah lumpur.

“Saya mendapat laporan dari Ketua Rt 06/07, Syaifudin prihal pendangkalan kawah kali Krukut akibat tumpukan sampah yang memicu terjadinya banjir, dan setelah saya cek ternyata selain ada pendangkalan alami, banyak juga sampah yang menumpuk oleh sebab itu saya mengundang semua warga di Grogol untuk ikut berpartisipasi kerja bakti mengeruk tumpukan tanah dan sampah dikawah kali, ” ujar Danudi Amin.

Pada kesempatan itu, Lurah baru Grogol ini mengaku sempat kaget melihat tingginya antusias warga mengikuti kerja bakti bahkan kata dia banyak warga dari luar wilayah Rw 07 yang ikut berpartisipasi pada pelaksanaan kerja bakti.

“Alhamdulillah, ternyata warga Grogol sangat guyub jika diajak melaksanakan kerja bakti, dan saya berharap hal seperti ini dapat terus dipertahankan, ” papar Danu Amin dan Sekkel Kelurahan Grogol, Lukman Zaelani yang juga ikut bergabung dengan ratusan warga peserta kerjabakti mengeruk sampah dan lumpur dikawah kali Krukut.

Selain ratusan warga Rw 07, sejumlah perwakilan warga dari berbagai wilayah Rw juga tampak bergabung pada aksi normalisasi Kali Krukut diwilayah Kelurahan Grogol, bahkan unsur Koramil dan Polsek Limo, dan sejumlah komunitas peduli lingkungan seperti Himpel Limo, Laskaru, dan sanggar Sanggoro Macan juga ikut berbaur dengan warga membersihkan kawah Kali dari tumpukan sampah dan lumpur.

Tak hanya Lurah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Milih juga mengaku sangat bangga melihat banyaknya warga yang ikut melaksanakan kerja bakti.

“Enggak nyangka kalau banyak sekali warga yang ikut kerja bakti dan turun permukaan kali, ini sangat membanggakan, dan saya berharap kekompakan seperti ini dapat terus dipertahankan,” pinta Milih. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here